Ayam Bumbu Cokelat dalam Lomba Masak Cokelat

Beranda - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Ayam Bumbu Cokelat dalam Lomba Masak Cokelat
Mar 20th 2013, 10:16

KOMPAS.com - Suatu komunitas biasanya terbentuk karena memiliki kesamaan, baik dalam hal minat, hobi, dan banyak hal lain, yang dapat menjadi alasan untuk berkumpul bersama. Salah satunya, kesukaan memasak.

Ya, berawal dari suka memasak, La Femme Patisserie akhirnya menjadi wadah bagi orang-orang yang kreatif mengolah aneka makanan.

"Kalau setiap kumpul kegiatan kami tidak jauh-jauh dari cooking, baking dan eating," ujar Ketua La Femme Patisserie, Dhani R Satyadharma.

Sabtu (16/3/2013) lalu, komunitas yang juga beranggotakan kaum pria tersebut mengadakan lomba memasak, dengan bahan utama cokelat. Lomba yang bertemakan Battle Chocolate ini mulanya diikuti oleh puluhan orang yang mengirimkan kreasi cokelat mereka kepada panitia lomba. Dari seleksi awal, terpilih 10 karya terbaik. Dari 10 karya terbaik tersebut terpilih lima orang yang terdiri atas perempuan-perempuan muda yang langsung mempraktekkan pembuatan kue berbahan cokelat di depan para juri.

"Dari kue-kue yang dikirim kepada kami, kami ingin membuktikan benarkah mereka sendiri yang memasak. Makanya kami adu kemampuan mereka di sini," kata Dhani.

Waktu yang diberikan untuk mengolah cokelat ialah 1,5 jam. Cokelat tersebut tak harus diolah menjadi cake. Peserta bebas menciptakan kreasi baru berbahan dasar cokelat, entah itu puding atau mungkin ayam bumbu cokelat.

Ayam bumbu cokelat merupakan karya kreasi dari salah satu peserta bernama Teti Erida. Olahan ayam tersebut membawanya menjadi lima besar karya terbaik yang kemudian dilombakan ke tahap akhir. Nah, pada tahap akhir, Teti membuat blackforest cokelat yang cukup sederhana. Blackforest tersebut ia namakan Blackforest Mapi. Menurut Teti, Mapi adalah singkatan "mami-papi" yang diberikan oleh anaknya.

Bermain sedikit "aman", Fani Sadikin memilih membuat puding dengan  nama White Puding Choco Cake with Love. Dinamakan White Puding karena memang puding dasarnya berwarna putih, sedangkan bagian atasnya ditaburi potongan cake yang terbuat dari cokelat. Tak hanya itu, di atas potongan cake, ada puding cokelat berbentuk hati, terlihat sangat manis.

Ada pula peserta yang membuat Strawberry Steam Cake, yaitu Shinta. Yang unik dari hidangan cokelat buatannya adalah bahwa kue tersebut merupakan kue cokelat yang dikukus. Di tengah kue terdapat cokelat leleh dan potongan strawberry.

Lomba memasak cokelat ini akhirnya dimenangkan oleh Novi Padmasari. Novi membuat olahan cokelat dengan membuat blackforest. Bagian atas kue ia taburi buah-buahan segar seperti strawberry dan jeruk. Sedangkan potongan-potongan cokelat memagari sekeliling kue. Tambahan pita cantik berwarna merah membuat kue cokelat ini tampil seperti kado yang tak ternilai.

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post