"Comfort Food" Malah Bikin "Bad Mood"?

Bugar dan Sehat - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
"Comfort Food" Malah Bikin "Bad Mood"?
Mar 27th 2013, 12:59

KOMPAS.com - Ketika sedang kram perut karena menstruasi, tidak enak badan, atau bahkan sedang bete, kita pasti akan mencari comfort food untuk membuat diri menjadi nyaman. Bentuknya bisa macam-macam tergantung selera, bisa makanan berkuah yang panas, cokelat, keripik, es krim, bubur ayam, dan lain sebagainya.

Namun, menurut studi baru dari Penn State University, comfort food malah membuat bad mood semakin parah. Para peneliti menganalisa sejumlah perempuan yang sangat memedulikan pola makan, berat badan, dan citra diri mereka (namun tidak memiliki riwayat gangguan makan) untuk melacak perilaku makan dan perasaan mereka. Peneliti menemukan bahwa suasana hati para perempuan tersebut justru memburuk ketika mereka memilih makanan yang kurang sehat untuk meredam perasaan negatif mereka.

"Berdasarkan pengalaman memberi penyuluhan pada perempuan selama bertahun-tahun dalam praktik pribadi, hasil temuan ini tidak mengejutkan saya," ungkap pakar diet Keri Gans, RD, yang juga penulis buku The Small Change Diet. "Seringkali pasien saya bilang, 'Aku tahu seharusnya tidak makan makanan ini, tapi aku lagi bad mood'."

Setelah itu, para perempuan ini makan pepperoni pizza atau cheeseburger dengan kentang goreng, padahal selama seminggu sebelumnya mereka telah mencoba makan dengan sehat. Alhasil, setelah selesai menikmati semua makanan tersebut, mereka jadi merasa bersalah.

Kalau sudah begini, Keri menyarankan para perempuan untuk menyimpulkan bahwa comfort food sesungguhnya tidak membuat kita merasa nyaman sama sekali. Daripada makan, lebih baik Anda menelepon teman, ibu, atau kakak (siapapun yang Anda anggap dekat), untuk membahas masalah yang mengganggu Anda. Atau, kalau Anda suka menulis, coba tuangkan isi hati Anda melalui tulisan. Meskipun tidak mendapatkan respons, namun Anda merasa lega karena telah mengeluarkan uneg-uneg.

Ada cara lain yang lebih baik untuk meningkatkan suasana hati, misalnya nge-gym, ikut kelas yoga, jalan-jalan, atau melakukan aktivitas fisik lain yang Anda sukai. Ketika melakukan semua aktivitas ini, tubuh akan melepaskan endorfin, yang kemudian membantu mengangkat beban berat dari diri Anda.

Jika sedang tak ingin melakukan aktivitas fisik, coba lakukan pajama's party bersama teman-teman. Beli dulu lipstik atau kuteks, lalu adakan sesi saling mengaplikasikan kuteks untuk teman-teman. Dan, ini saatnya Anda bereksperimen dengan make-up, karena apa pun hasilnya tak akan ada yang menilai. Semuanya Anda lakukan untuk bersenang-senang saja.

Kalaupun ingin ngemil, sediakan cemilan yang lebih sehat seperti buah atau kacang. Anda juga bisa mencoba mengubah comfort food Anda menjadi lebih sehat. Ketimbang pepperoni pizza, lebih baik Anda memesan pizza vegetarian dengan ekstra jamur atau sayuran. Ingin makan burger, hilangkan mayonesnya, dan tambahkan sayurannya.

Sumber: Shape

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post