Pria dan Wanita Butuh Sampo yang Berbeda

Cantik dan Gaya - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Pria dan Wanita Butuh Sampo yang Berbeda
Apr 2nd 2013, 11:57

KOMPAS.com -  Demi menghemat pengeluaran, atau karena pasangan malas membeli sampo sendiri, Anda lantas saling bertukar sampo. Cara ini kurang tepat, karena pria dan wanita membutuhkan sampo yang disesuaikan struktur dan kondisi kulit kepala masing-masing.

"Kebanyakan orang menilai perbedaan jenis kelamin tidak akan memengaruhi pemilihan sampo. Padahal, sebenarnya jenis kelamin ini sangat menentukan kondisi rambut dan sampo yang dibutuhkan untuk merawatnya," jelas Vivi Tri Andari, Technical Management Manager PT Unilever Indonesia, di Jakarta, beberapa waktu lalu. Ia mengungkapkan bahwa laki-laki dan perempuan membutuhkan jenis sampo yang berbeda.

Sekilas mungkin rambut Anda dan rambut si dia tak memiliki ada perbedaan, namun secara struktur mikroskopis, kulit kepala laki-laki dan perempuan sangatlah berbeda. Kondisi kulit kepala laki-laki sebenarnya lebih lemah, akibatnya mereka lebih rentan terserang ketombe dibanding perempuan. Kulit kepala yang lebih lemah dan mudah berketombe ini ternyata disebabkan masalah hormonal, aktivitas yang dilakukan, dan produksi kelenjar minyak yang lebih banyak.

Aktivitas berat yang dilakukan pria akan menyebabkan produksi kelenjar minyak yang berlebihan di kulit kepala.

"Minyak diproduksi secara alami di kulit kepala dan berfungsi untuk membuat rambut terlihat berkilau. Namun, produksi minyak yang berlebih bisa membuat rambut jadi lepek," tambah Vivi.

Campuran debu, kotoran, dan keringat akibat aktivitas yang mereka lakukan akan bercampur dengan kelenjar minyak di kulit kepala. Ini akan menyebabkan kulit kepala gatal dan lama-kelamaan jadi berketombe.

Namun, tak berarti perempuan tidak berisiko mengalami hal ini. Perempuan juga bisa mengalami masalah rambut seperti pria, namun hal ini lebih disebabkan masalah kesalahan perawatan dan perlakuan pada rambut seperti pengecatan, pengeritingan, dan pelurusan. Vivi menambahkan, perlakuan buruk pada rambut tersebut akan menyebabkan rambut jadi kering, gatal, patah, dan berketombe.

Adanya perbedaan struktur kulit kepala dan perlakuan ini akan mengharuskan Anda merawat kulit kepala dengan cara yang berbeda. Karena kulit kepala pria lebih rentan dan mudah berketombe, sebaiknya mereka memilih produk perawatan rambut yang banyak mengandung formula anti ketombe, vitamin, dan mineral untuk menguatkan rambut. Sedangkan untuk perempuan, sebaiknya pilih sampo yang banyak mengandung kondisioner.

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post