"Telecommuting", Tren Baru Dunia Kerja

Karir - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
"Telecommuting", Tren Baru Dunia Kerja
Apr 29th 2013, 13:30

KOMPAS.com - Banyaknya meeting atau kegiatan yang harus dihadiri di luar kantor, lokasi kantor yang jauh dari pusat bisnis, sementara kemacetan semakin parah, membuat banyak pekerja mengalami stres. Stres yang mereka alami ini akan berakibat pada menurunnya konsentrasi dan produktivitas kerja.

Namun kelelahan fisik dan stres akibat kondisi ibukota ini seharusnya bisa Anda atasi. Apalagi, berkembangnya teknologi membuat para pekerja semakin dimudahkan dalam menjalankan aktivitasnya.

"Tren bekerja sekarang ini adalah telecommuting. Cara kerjanya memungkinkan Anda bisa bekerja dari mana pun secara online, tanpa harus ke kantor," ungkap Dhyoti Roro Rasmi Basuki, Head of Public Relation Intel Indonesia, saat perkenalan teknologi Telecommuting di Segarra Cafe, Ancol, Jakarta Utara, Senin (29/4/2013).

Di kebanyakan negara berkembang, telecommuting menjadi tren baru di dunia kerja. Menurut survei yang dilakukan Ipsos (lembaga penelitian) di berbagai negara, pekerja yang sudah mengaplikasikan telecommuting di Timur Tengah dan Afrika berkisar 27 persen, Amerika Latin (25 persen), Asia Pasifik (24 persen), dan Eropa (9 persen).

Sedangkan di Indonesia sendiri, dengan jumlah pekerja hingga 34 persen, telah berkembang menjadi negara kedua terbesar setelah India (56 persen), dalam hal telecommuting. Berarti, kita tidak ketinggalan-ketinggalan amat kan?

Dengan data global ini, bisa diasumsikan bahwa 3 dari 10 pekerja dari seluruh dunia sepakat memilih untuk bekerja secara online, ketimbang mengutamakan kehadiran fisik di kantor atau di kantor klien.

"Tingginya minat masyarakat terhadap kultur bekerja online ini tidak hanya bisa mengurangi tingkat stres yang dialami, tapi juga membantu terciptanya work-life balance, khususnya bagi perempuan," tambahnya.

Selain itu, berkurangnya stres juga diharapkan bisa membantu meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja karyawan, karena tugas-tugas dikerjakan dengan santai dan suasana hati yang senang. Namun, Dhyoti juga mengungkapkan untuk meningkatkan kultur kerja online ini dibutuhkan mental personal yang bertanggung jawab dan kepercayaan penuh antara karyawan dan perusahaan.

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post