60 Persen Ayah Grogi Asuh Bayi

Ibu dan Anak - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
60 Persen Ayah Grogi Asuh Bayi
Jun 4th 2013, 13:32

KOMPAS.com - Pengasuhan anak bukan hanya tugas ibu. Ayah juga harus memiliki peran yang sama karena anak butuh bonding bukan hanya dengan ibunya. Sayangnya kebanyakan ayah minim menjalankan peran pengasuhan ini karena berbagai faktor. Hal sederhana seperti menggendong bayi misalnya, masih menjadi masalah bagi kebanyakan ayah.

Studi terkini di Inggris menunjukkan kebanyakan pria Inggris yang baru menjadi ayah memiliki pengalaman pertama menggendong bayi saat harus mengasuh anaknya sendiri. Kebanyakan ayah di Inggris juga memulai bonding dengan bayinya saat bayi bangun malam meminta susu.

Studi oleh Persil Non-Bio dan Comfort Pure ini juga menyebutkan 60 persen ayah baru mengaku cemas saat harus menggendong anak. Sebanyak 30 persen mengaku tidak tahu cara menggendong bayi. Sementara 90 persen pria berharap ada panduan praktis untuk orangtua baru dalam menjalani pengasuhan.

Masalah yang dihadapi para ayah inilah yang juga menyebabkan krisis kepercayaan diri saat bayi baru lahir. Tak heran jika banyak ayah baru yang butuh waktu lebih lama untuk merasa nyaman dan percaya diri mengasuh bayi.

Para ayah rata-rata butuh waktu seminggu untuk memupuk kepercayaan dirinya dalam mengasuh anak. Sementara kebanyakan ibu dengan insting alaminya, sudah membangun kepercayaan diri mengasuh bayi sejak lahir.

Jean Robinson, komisaris British Skin Foundation, menekankan pentingnya bonding di masa awal kelahiran bayi.

"Kualitas hubungan orangtua anak berdampak pada perkembangan fisik mental bayi, jadi sangat penting menciptakan bonding sejak awal. Bayi yang mendapatkan banyak pelukan, cinta dan kasih sayang lebih mudah mengatasi stres dan kecemasan saat mereka tumbuh dewasa," jelasnya.

Sumber: Dailymail

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post