Peneliti Denmark : Alkohol Bisa Kurangi Risiko Asma  

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Peneliti Denmark : Alkohol Bisa Kurangi Risiko Asma  
Sep 28th 2011, 11:47

Rabu, 28 September 2011 | 17:37 WIB

foto

Alkohol Pemicu Depresi

TEMPO Interaktif, Jakarta - Mengkonsumsi alkohol dengan jumlah moderat bisa menurunkan risiko penyakit asma. Itu kata peneliti dari Denmark. Keadaan berbeda untuk mereka yang mengkonsumsi secara berlebihan. Alkohol justru menyebabkan masalah-masalah kesehatan. Penelitian yang dipresentasikan di European Respiratory Society's Annual Congress di Amsterdam, Belanda, ini menemukan bahwa meminum 1-6 unit alkohol setiap pekan bisa menurunkan risiko asma.

Studi ini melibatkan 19.349 orang kembar berusia antara 12-41 tahun. Semua partisipan menyelesaikan kuesioner pada awal dan akhir penelitian lebih dari delapan tahun untuk membandingkan asupan alkohol dengan risiko pengembangan penyakit asma. Hasilnya menunjukan bahwa risiko asma terendah terlihat pada kelompok yang memiliki asupan alkohol rendah, kurang dari 4 persen dari mereka yang menenggak alkohol 1-6 unit setiap pekan.

Risiko asma tertinggi diamati pada orang yang jarang atau tidak pernah mabuk. Mereka memiliki kemungkinan 1,4 kali lebih besar untuk terkena asma. Peminum berat juga memiliki peningkatan 1,2 kali lebih besar untuk terkena asma. Sofie Lieberoth dari Bispebjerg Hospital di Denmark mengatakan, "Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan. "Temuan studi itu juga memeriksa semua faktor yang terkait dengan perkembangan asma. "Kami dapat memahami lebih lanjut tentang apa yang menyebabkan kondisi dan bagaimana untuk mencegahnya,"ujarnya.

I MEDICAL NEWS TODAY / AMIRULLAH

Disclaimer : Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi Tempo Interaktif. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post