5 Cara Menjaga Nutrisi Sayuran Saat Dimasak

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
5 Cara Menjaga Nutrisi Sayuran Saat Dimasak
Oct 4th 2011, 04:10

TEMPO Interaktif, Jakarta - Yang menarik dari memasak sayuran adalah semakin sedikit sayuran yang dimatangkan, maka semakin banyak nutrisi yang bisa didapatkan dari sayuran. Saat Anda merebus sayuran di dalam panci, maka sebenarnya Anda sedang melucuti nutrisi penting yang ada padanya. Ini bisa juga memicu hilangnya vitamin C dan Asam Folat.

Ada lima cara cepat untuk memasak sayuran tapi sekaligus menjaga nutrisi pada sayuran :

1. Kulit atau Daun Sayuran

Kebanyakan vitamin dan nutrisi dalam sayuran ditemukan pada bagian kulit atau bagian terluar daun. Karena vitamin larut dalam air, usahakan untuk mencuci sayuran dengan menggunakan sikat lembut dan sedikit air. Ini tidak akan merusak sayuran seperti kentang dan wortel, dan vitamin yang terdapat didalamnya akan tetap terjaga. Sementara untuk daun-daunan seperti yang daun bawang bisa dimanfaatkan juga karena kaya akan Vitamin A, Kalsium dan Besi.

2. Dikukus

Ingat, Anda ingin memasak sayuran secepat mungkin, dan dengan jumlah air yang sedikit untuk menjaga nutrisi yang ada. Maka Anda bisa mengukus sayuran, diuapi atau di masukkan dalam microwave. Jika Anda tidak punya alat kukus, maka masukkan sedikit air dalam panci untuk merebus sayuran. Memasak sayuran dengan waktu yang pendek akan menjaga nutrisi dan warna sayuran itu sendiri.

3. Memotong

Potong sayuran dengan potongan yang besar. Ini akan membantu mengurangi hilangnya vitamin, karena hanya sedikit permukaan yang terpapar saat di kukus. Kalau bisa, rebuh kentang Anda bersama dengan kulitnya untuk mencegah Potasium yang ada larut dalam air.

4. Kecepatan

Memasak Sayuran seperti brokoli, kacang salut, kacang polong dan asparagus harus dimasak secepat mungkin. Tidak seperti kentang dan wortel, yang Anda masak sampai kering. Memasak sayuran-sayuran itu dengan waktu lama hanya akan menghancurkan Vitamin B dan C yang ada di dalamnya.

5. Sisa Rebusan

Semua cairan kaya nutrisi yang tertinggal dari hasil memasak sayuran dapat digunakan kembali sebagai bahan kaldu atau rebusan sayur berikutnya. Jika belum siap digunakan, Anda bisa membekukannya untuk kemudian digunakan nanti.

SUGAR.COM | DEWI RETNO

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post