Atasi Insomnia Dengan Latihan Aerobik

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Atasi Insomnia Dengan Latihan Aerobik
Oct 27th 2011, 02:00

Para ahli kesehatan sepakat bahwa latihan aerobik secara rutin di siang hari dapat menjauhkan Anda dari rasa gelisah saat hendak tidur malam hari atau insomnia.

KapanLagi.com -

Oleh: Team DuniaFitnes

Orang-orang yang aktif berlatih, terutama latihan aerobik, pada umumnya mudah mendapatkan waktu tidur yang ideal dan terhindar dari insomnia.

Bahkan telah ditemukan bukti bahwa gejala kurang tidur, sulit tidur, dan insomnia biasanya disebabkan oleh akumulasi dari stres dan kurangnya waktu istirahat. Ada beberapa fakta yang mendukung bahwa latihan aerobik bermanfaat untuk mengatasi insomnia.

Manfaat Latihan Aerobik dalam Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah studi di Northwestern University di Chicago, Illinois meneliti 23 orang dewasa dan 55 wanita lansia, yang mengalami kesulitan tidur. Setelah 16 minggu menjalankan program pelatihan yang mencakup olahraga seperti latihan aerobik, sepeda, dan treadmill. Hasilnya, rata-rata peserta penelitian mengalami peningkatan kualitas tidur dan penurunan insomnia. Satu jam latihan aerobik lebih bermanfaat daripada tidur lebih lama.

Penelitian ini membuktikan kembali bahwa olahraga memiliki manfaat yang luar biasa. Olahraga dianggap lebih baik daripada konsumsi obat-obatan untuk diabetes, kesehatan mental, dan pencegahan kanker. Lakukanlah latihan aerobik untuk mengatasi insomnia yang Anda alami.

Disarankan untuk menghindari latihan aerobik dan olahraga satu jam sebelum tidur, karena otot yang lelah akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan gelisah. Hal lain yang harus diperhatikan agar Anda tidak insomnia adalah menghindari permainan video game karena akan membuat otak Anda terus terstimulasi dan jangan meminum minuman yang mengandung kafein menjelang tidur.

Perbaikan kualitas tidur ini juga ternyata meningkatkan mood positif, menurunkan gejala depresi, dan meningkatkan vitalitas. Ingatlah tentang pentingnya menjaga vitalitas tubuh tetap prima agar Anda jauh dari gangguan kesehatan, insomnia dan rasa lelah terus menerus yang menurunkan produktivitas Anda.

Nah, cobalah melakukan latihan aerobik secara teratur agar Anda tidak lagi mengalami insomnia dan gangguan tidur lainnya sekaligus meningkatkan vitalitas Anda. (df/bee)

Source: http://duniafitnes.com/

Provided by:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post