Awas, Hubungan Seks Bisa Bikin Amnesia

Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Awas, Hubungan Seks Bisa Bikin Amnesia
Oct 13th 2011, 13:51

Liputan6.com, Jakarta: Berhubungan seks ternyata tak selalu membawa kenikmatan. Sebuah penelian mengungkap bahwa hubungan seks bisa juga menyebabkan seseorang hilang ingatan. Temuan tersebut bukanlah omong kosong.

Seorang perempuan (54) datang ke rumah sakit Washington DC. Perempuan paruh baya tersebut dengan panik bercerita tentang pengalamannya yang mendadak kehilangan daya ingatnya setelah berhubungan seks dengan pasangannya.

Para ahli mengungkapkan bahwa pengalaman yang diceritakan wanita itu memang bisa terjadi pada siapa saja. Kondisi amnesia itu disebut transient global amnesia yang sangat langka. Amnesia jenis ini sifatnya hanya sementara dan tidak merugikan otak.

Segera sesudah keluhan wanita paruh baya di rumah sakit tersebut, para ahli melakukan scan otak. Tak ada kerusakan apa pun pada otak pasien. Namun demikian, para dokter belum bisa memberikan penjelasan secara pasti penyebab timbulnya kondisi tersebut. Para ahli menduga peristiwa tersebut ada kaitannya dengan celah yang terdapat di leher, karena ada katup yang seharusnya tertutup tapi justru terbuka. Kemungkinan kondisi tersebut menyebabkan adanya tekanan darah yang seharusnya mengalir ke jantung, jadi ke otak khususnya ke bagian pengontrol memori.

Seorang pakar neurologi dari Institut Penelitian Neurologi di Buenos Aires, Argentina, Sebastian Ameriso mengatakan bahwa hal itu tidak berbahaya. Meski sang pakar belum tahu pasti apa penyebabnya. Sebastian yakin, gejala tersebut bukan stroke yang menyebabkan kerusakan otak.

The Journal of Emergency Medicine mencatat peristiwa seperti yang dialami wanita paruh baya itu terjadi pada tiga sampai lima orang dari 100 ribu orang selama setahun. Jenis penyakit seperti ini akan menyerang orang berusia 50-60 tahun. (lifestyle/Vin)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post