Bila Pakaian Berbahan Dasar Susu

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Bila Pakaian Berbahan Dasar Susu
Oct 11th 2011, 00:00

Menu makanan berbahan dasar susu sih sudah sering mendengar, tetapi bagaimana bila pakaian yang berbahan dasar susu?

KapanLagi.com - Nah, ini baru aneh tapi nyata! Baru-baru ini, seperti dirilis oleh Shine, seorang mahasiswa mikrobiologi Jerman berhasil membuat penemuan heboh.

Bila selama ini susu dikenal sebagai sumber kalsium yang bermanfaat untuk tubuh dan digunakan sebagai bahan pembuatan makanan, kini susu juga dapat digunakan sebagai bahan membuat pakaian. Wow!

Penemuan ini disebut sebagai QMilch, di mana protein kasein-lah yang dimanfaatkan dengan proses tertentu. "Awalnya kasein diekstrak dari susu bubuk dan dicampur dengan beberapa bahan alami lain, kemudian dipanaskan dengan suhu tertentu. Setelah panas, akan muncul serat-serat yang dapat dipintal seperti benang," demikian kata mahasiswi berusia 28 tahun tersebut.

QMilch telah diklaim sebagai produk fiber pertama yang dibuat tanpa campuran bahan kimia buatan lainnya, sehingga produk ini sangat ramah lingkungan. Sayang karena proses dan bahan pembuatannya, produk ini dikategorikan sebagai produk mahal. Bahkan, seorang desainer memperkirakan akan dibutuhkan cukup banyak bahan susu hanya untuk membuat sebuah pakaian. Ditaksir, sebuah pakaian menghabiskan kurang lebih US$200.

Bukan harga yang murah kan?

Memang konsep ini sangat menarik dan ramah lingkungan, namun untuk dilanjutkan dan digunakan sebagai konsep industri pakaian, hal ini hampir tak mungkin. Bayangkan saja, untuk membeli makanan saja seseorang harus bekerja sangat keras, apalagi untuk membeli baju yang sebuah harganya melebihi gaji sebulan.

Ditambahkan pula, keuntungan selain ramah lingkungan, pakaian yang dihasilkan dari fiber susu tadi tidak meninggalkan bau amis atau bai apapun. Saat dikenakan, terasa lembut di kulit, sehingga Anda tak perlu khawatir saat harus mencuci bersama bahan lain.

Kelebihan lainnya, amino acids yang terkandung di dalam protein merupakan anti bakterial dan anti aging alami, sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menyeimbangkan peredaran darah dari luar serta mengontrol suhu tubuh.

Tertarik juga mengenakannya? Mischa Barton dan Ashlee Simpson tampaknya sudah mencoba pakaian berbahan susu ini lho. (wo/bee)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post