Bukan Sekedar Pelepas Dahaga

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Bukan Sekedar Pelepas Dahaga
Oct 5th 2011, 08:00

Di bulan puasa seperti sekarang, tiba-tiba banyak sekali jenis minuman yang jadi favorit untuk dinikmati saat berbuka. Konon, beberapa jenis minuman ini bisa bikin perut 'adem'. Benarkah? Apa saja kandungan gizi di dalamnya?

KapanLagi.com - Anda yang menjalankan ibadah puasa, tentu mudah sekali mendapatkan beberapa bahan minuman segar seperti cincau hitam, kolang-kaling, rumput laut, aloe vera, agar-agar, jelly, blewah, timun suri dan berbagai minuman lain yang dipercaya membuat perut jadi 'dingin'. Dr. Pauline Endang P., MS., SpGK, Kepala Instalansi Gizi RSUP Fatmawati mengatakan bahwa istilah minuman pengadem perut itu hanya mitos. "Jika yang dimaksud adalah minuman yang melancarkan pencernaan, maka pasti ada kandungan serat di dalamnya," ucapnya.

Beberapa jenis minuman segar saat berbuka, ternyata umumnya mengandung karbohidrat dan serat. "Kandungan serat larut, memang membuat perut jadi lebih nyaman. Tapi, tidak ada zat khusus yang memang benar-benar mendinginkan perut jadi lebih nyaman. Tapi, tidak ada zat khusus yang memang benar-benar mendinginkan perut," ucap Dr. Pauline. Namun, diakui Dr. Pauline bahwa beberapa jenis minuman memang mengandung zat-zat yang berguna untuk tubuh dan tentu saja, terasa enak.

"Saat buka puasa, kita pasti butuh asupan untuk menaikkan gula darah. Tapi jangan hanya berbuka dengan air dan gula saja. Kadang, jika gulanya naik terlalu cepat, tubuh malah terasa lemas," imbuhnya. Saran FITNESS, Anda juga harus tetap waspada dengan asupan gula selama puasa.

Berikut adalah bahan minuman segar, serta kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk tubuh. Bahan makanan tersebut hampir semuanya mengandung serta tinggi yang dapat memperbaiki proses pencernaan, proses pembuangan menjadi lancar sehingga saluran cerna menjadi lebih nyaman.

1. CINCAU HITAM (122 kkal/100 gram)

Mengandung serat larut yang berfungsi mengikat gula, kolesterol dan lemak dan dapat membantu mencegah penyakit diabetes melitus dan kardiovaskuler. Selain itu, cincau hitam juga mengandung zat aktif polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan kuat untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak jaringan tubuh.

Komponen gizi: protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1, C.

2. BIJI SELASIH (113 kkal/100 gram)

Mengandung zat-zat aktif seperti saponin, flavonoid, dan polifenol yang berfungsi untuk menambah nafsu makan, dan memperbaiki pencernaan. Biji selasih juga mengandung vitamin K yang berfungsi dalam pembekuan darah serta baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena bisa mengontrol gula dalam darah.

Komponen gizi: karbohidrat, serat, protein, lemak vitamin A, C, K, asam folat, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, mangan, air.

3. BLEWAH (34 kkal)

Buah ini kaya akan kandungan kalium dan provitamin A serta serat. Blewah baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah bernama latin cucumis melo cantalupensis ini memiliki kandungan betakaroten tinggi yang berkhasiat sebagai antioksidan dan bisa menstabilkan radikal berinti karbon.

Komponen gizi: protein, lemak, karbohidrat, serat, gula, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium, vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, vitamin A, E, K.

4. TIMUN SURI (112 kkal)

Mengandung serat dan kadar air tinggi yang berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga bisa mencegah penyakit jantung koroner dan stroke. Kandungan kalium dan kadar air yang tinggi dapat membantu menghilangkan dehidrasi (kekurangan cairan).

Komponen gizi: karbohidrat, serat, protein, lemak, kalsium, besi, fosfor, kalium, natrium, vitamin A, B1, B2, C, niasin, air. (Fitness/wsw)

Source: Fitness Magazine, Edisi Agustus 2011, Halaman 104

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post