HBKB Kelapa Gading turunkan polusi udara

ANTARA News - Nasional - Kesehatan
ANTARA News - Nasional - Kesehatan
HBKB Kelapa Gading turunkan polusi udara
Oct 21st 2011, 16:39

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, akan melaksanakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Boulevard, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Minggu (27/11) mendatang.

Kegiatan tersebut sebagai dukungan pemulihan kualitas udara yang tercemar emisi asap kendaraan bermotor.

Menurut Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Jakarta Utara, Hotman Silaen, di Jakarta, Jumat HBKB atau biasa disebut Car Free Day, dapat menurunkan polusi udara.

"Kegiatan Car Free Day, sesuai dengan Perda No. 2 tahun 2005, tentang pengendalian pencemaran udara. Selain itu juga, kegiatan HBKB mendukung program langit biru yang digagas gubernur DKI," tegas Hotman.

Dari data yang diperoleh HBKB yang dilakukan Juni lalu, ternyata ada penurunan tingkat polusi udara. "Setelah dilakukan pemeriksaan udara, ternyata polusi udara yang menyebabkan infeksi saluran pernafasan, jantung dan bronchitis sebanyak 54,97 persen dapat diturunkan," paparnya.

Dikatakan Hotman, ada enam unsur pencemaran udara yang turun pada pelaksanaan HBKB. Penurunan polusi udara, diantaranya 10 Particulate Matter(PM) yang turun sampai 54 ,97 persen, Nitrogen Monoksida (No) 85 persen, Carbon Monoksida (Co) 53,74 persen, Total Hydro Carbon (THC) 37,73 persen, Amoniak (NH3) 4,43 persen, dan Hidrogen Sulfida (H2S) 83,82 persen.

"Kegiatan HBKB akan terus dilakukan, agar polusi udara dapat ditekan," tegasnya.

Dikatakan Hotman, rencana HBKB tahun 2012, akan dilaksanan 12 kali dalam satu tahun. "Untuk wilayah Jakarta Utara, jalur yang akan dipakai dan sudah dalam tahap peninjauan yaitu kawasan Kelapa Gading dan sekitar Danau Sunter," jelasnya.

Dalam pelaksanaan HBKB, jalan yang ditutup sejak pukul 06.00-12.00 WIB, dapat digunakan warga untuk bersepeda, senam, futsal dan jogging. Penutupan Jalan Boulevard Raya, sejumlah ruas jalan dilakukan mulai dari bundaran Kelapa Gading, jogging track sampai dengan jalan Perintis Kemerdekaan.

Sementara itu Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono menambahkan, agar masyarakat Jakarta Utara diharapkan bisa ikut bersama-sama meramaikan dan mendukung kegiatan HBKB. Sebab dikatakan Bambang Sugiyono, kegiatan HBKB

yang bisa menurunkan sejumlah penyakit. "Kalau kita semua sehat, tentunya kita akan lebih luas dalam beraktivitas dimana kita berada," harapnya.  (ANT-008/R021)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post