Makeup Experts I

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Makeup Experts I
Oct 26th 2011, 00:00

Campur tangan makeup artist dalam mengubah penampilan seseorang menjadi cantik, unik, dan luar biasa, sangat dibutuhkan untuk menambah 'nyawa' dalam foto majalah, wedding, teater, maupun film.

KapanLagi.com - DARWYN TSE

Kemampuannya dalam menciptakan beragam look makeup, mulai dari teknik aplikasi minimal dan clean, sampai ke tahap yang lebih ekstrem seperti stage makeup dan body painting. Sebelum memutuskan untuk bersolo karier, ia bekerja sebagai Training Manager untuk M.A.C Cosmetics Indonesia. Kini ia memusatkan perhatiannya pada spesial effect makeup yang memberikan kebebasan berekspresi tanpa batas. Salah satu kesibukannya kini adalah key makeup artist untuk film ARISAN 2.

Butuh waktu berapa lama untuk mengerjakan special effect makeupnya?
Tergantung dari efek yang ingin didapatkan. Contohnya, air brush untuk menonjolkan efek perut six pack, bisa dilakukan dalam jangka waktu 10 menit saja. Untuk body paint, seperti membuat tato satu badan, bisa memakan waktu sampai sembilan jam.

Apa perbedaan dari makeup untuk teater dan film?

Penonton akan melihat pemain teater dari kejauhan. Jadi, makeup yang diaplikasikan di wajah harus tiga atau empat kali lebih tebal. Goresan makeup juga lebih tegas untuk menonjolkan karakter yang dimainkan. Untuk film justru kebalikannya. Makeup akan terlihat jelas di dalam kamera, terlebih lagi jika menggunakan high-definition camera. Jadi tak perlu terlampau tebal.

Salah satu look yang ingin ditonjolkan itu di film ARISAN 2?

Membangun look untuk karakter sosialita dengan wajah super kaku akibat proses botox. Tekstur kulit wajah dibuat seperti plastik dengan teknik highlight mulai dari tulang pipi ke pelipis. Lalu rambut ditarik ke atas, untuk menciptakan efek alis yang tegang.

Apakah secara komersil dunia makeup ini menjanjikan?

Tentu. Passion + creativity = magic. Passion mendorong Anda untuk berusaha sebaik mungkin, untuk selalu mencari inspirasi dan pengalaman sebanyak-banyaknya. Berani untuk mengalami kegagalan dan tak putus asa. Creativity adalah realisasi dari passion Anda. Hasil yang didapat adalah efek magic yang Anda impikan selama ini.

DODO

Grace Kelly menjadi contoh sempurna bagi dirinya untuk menciptakan wedding makeup yang everlasting. Ia juga memegang prinsip, bahwa makeup yang bagus adalah bila Anda bisa menyempurnakan bentuk wajah tanpa membuatnya berubah. Signature stylenya yang halus dan tahan lama ini menjadikannya sebagai salah satu wedding makeup artist yang paling digemari.

Menurut Anda, makeup untuk wedding itu sebaiknya seperti apa?

Look makeup harus sesuai dengan karakter wajah dan juga pribadi klien. Makeup ini tentu juga harus disesuaikan dengan gaun yang akan digunakan. Tentunya mood makeup juga harus sesuai dengan tema resepsi. Misalkan garden wedding, look makeup romantis dengan palet warna yang lebih fresh bisa menjadi pilihan.

Bedanya makeup untuk pernikahan adat dengan international wedding itu seperti apa?

Untuk international wedding, karakter makeup bisa lebih bebas. Moodnya bisa beragam. Sedangkan pernikahan adat itu sudah ada pakemnya. Walaupun bisa dimodifikasi, tidak boleh melupakan ciri khas dari upacara adat itu sendiri. Misalnya, bentuk alis tradisional adat Jawa memang sudah ada cetakannya. Eye shadownya pun harus mengandung unsur warna emas, biru, hijau, merah dan pink.

Apakah makeup untuk wedding membutuhkan perhatian khusus?

Perhatian khusus justru ditujukan pada sang pengantin agar mereka tidak melakukan treatment seperti peeling ketika sudah mendekati hari-H. Jangan sampai kulit mengelupas, karena bisa memengaruhi tampilan makeup. Untuk mengakali kondisi kulit yang sudah terlanjur teriritasi, saya biasa menggunakan liquid foundation dengan medium coverage agar permukaan kulit wajah tidak berkesan tebal dan pecah.

Makeup video clip itu seperti apa?

Biasanya makeup untuk video clip itu membutuhkan 'drama'. Transformasi wajah justru lebih ditekankan. Aplikasi warna juga lebih tebal dan harus tahan lama. Begitu pula dengan ketahanan rambut. Makeup juga harus disamakan dengan busana yang dikenakan. Intinya, penyanyi harus tampil stunning!

Selebriti mana yang wajahnya berubah ketika Anda makeup?

Syahrini! Dia memiliki bentuk mata sayu dengan ukuran mata kanan dan kiri yang agak berbeda. Setelah eye shadow dioleskan, matanya langsung berubah. Saya senang mendandani dia, karna ia berani dengan look yang megah.

Apakah pekerjaan sebagai wedding makeup artist ini menguntungkan?

Rata-rata Anda bisa menghasilkan 30 juta rupiah dalam sebulan. Dengan catatan, Anda harus memberikan servis yang terbaik. Penggunaan produk yang berkualitas juga sangat penting. Terkadang ada makeup artist yang meminta bayaran besar, tetapi ia memakai makeup dari brand ternama yang palsu. Anda juga harus bisa membawa diri dan menjalin relasi. Dengan cara ini, klien akan setia memakai jasa Anda. (Cosmo/bee)

Source: Cosmopolitan Edisi September 2011, Halaman 192

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post