Minyak Aromaterapi Bisa Racuni Tubuh

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Minyak Aromaterapi Bisa Racuni Tubuh
Oct 30th 2011, 01:00

Berendam dalam air hangat plus menghirup wewangian aroma terapi baik untuk jiwa Anda, namun hati-hati, ternyata bisa berbahaya untuk tubuh!

KapanLagi.com - Wanita paling mengenal terapi spa mulai dari massage hingga sekedar berendam dalam bath tub dengan aneka wewangian yang menyegarkan. Keseluruhan proses spa tidak pernah lepas dari minyak aromaterapi yang terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik dari segi fisik maupun mental.

Selain ampuh memperbaiki kondisi kulit, minyak esensial seperti lavender, tea tree, eucalyptus dan peppermint juga diketahui bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan juga membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak. Minyak-minyak ini didapat dari bahan-bahan alami dengan proses penyulingan yang panjang. Namun tampaknya tidak berarti sesuatu yang alami ini lepas dari risiko bahaya 100%.

Para ilmuwan dari Chia-Nan University of Pharmacy and Science, Tainan, Taiwan, melalui studinya mengingatkan dunia untuk tidak mengabaikan efek negatif dari bahan-bahan spa ini. Hasil studi yang dipublikasikan di jurnal ENVIRONMENTAL ENGINEERING SCIENCE menyebutkan bahwa bahan kimia tertentu dalam minyak esensial, yang dikenal sebagai senyawa volatil organik, berreaksi dengan udara membentuk turunan aerosol organik lain. Partikel ini mengiritasi mata, hidung dan tenggorokan, dan juga bisa menyebabkan pusing, rasa muak dan bahkan bisa merusak hati dan ginjal.

Penelitian ini menguji ukuran dan jumlah partikel turunan aerosol tersebut ketika minyak digunakan untuk memijat di dua spa di Taiwan. Namun penelitian lainnya menyebutkan bahwa efek pelepasan senyawa kimia ini juga bisa timbul dari aromaterapi yang dibakar di ruangan atau di kantor. Sayangnya, minyak esensial yang paling sering dijumpai di pasaran adalah bahan yang melepaskan aerosol tertinggi, yaitu lavender, tea tree, peppermint, lemon dan eucalyptus. Sistem ventilasi di tempat spa juga memengaruhi hal ini, ventilasi yang buruk akan membuat turunan senyawa kimia ini mengekspos tubuh semakin dalam dan semakin berbahaya.

Anda yang tidak pernah bisa lepas dari aromaterapi, sebaiknya mulai sekarang memerhatikan penggunaan dan ventilasi di tempat Anda biasa memakainya. (wo/miw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post