Pakai Produk Lokal Lebih Ramah Lingkungan

KOMPASfemale
KOMPASfemale
Pakai Produk Lokal Lebih Ramah Lingkungan
Oct 23rd 2011, 15:42

KOMPAS.com - Mendengar kata-kata "ramah lingkungan" seringkali membuat kita berpikir untuk melakukan aksi besar-besaran untuk mencegah perusakan lingkungan. Padahal banyak hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk tidak merusak lingkungan. Misalnya, membuang sampah pada tempatnya. Tahukah Anda bahwa salah satu jenis perusakan lingkungan yang paling sering dilakukan adalah membuang sampah sembarangan?

"Ini sangat memprihatikan, karena untuk anggaran sampah saja negara harus mengeluarkan dana sekitar 1,3 trilyun per tahunnya," ungkap Wanda Hamidah, artis, aktivis lingkungan, dan anggota DPR, saat menghadiri acara "Eco Nic" di Pasific Place, Jakarta Selatan, Sabtu (22/10/2011) lalu.

Jika kita berpikir lebih kreatif, sebenarnya tak semua sampah ini harus dibuang. Ada beberapa jenis sampah yang masih bisa dimanfaatkan kembali dengan melakukan program 3R (reduce, reuse, dan recycle). Namun program eco friendly ini membutuhkan dukungan dan partisipasi aktif dari semua pihak. Tak hanya pemerintah, tetapi juga masyarakat.

"Kita semua sebagai penerus bangsa yang berpendidikan seharusnya bisa berpikir lebih kreatif mengenai langkah nyata untuk menyelamatkan lingkungan tempat kita hidup. Jika masih sulit untuk dilakukan dalam kelompok besar sampai negara, maka mulailah langkah ramah lingkungan dari diri sendiri," bebernya.

Salah satu hal yang paling melekat dalam diri kita adalah fashion. Maka tak ada salahnya untuk menggabungkan dua unsur: fashion dan cinta lingkungan, sebagai satu kesatuan utuh. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan baju yang terbuat dari serat alami atau menggunakan pewarna dari bahan alami, bukan kimia yang bisa mencemari lingkungan.

"Namun kalau ini masih terasa sangat sulit dilakukan, lakukan saja dengan cara mendesain kembali baju lama yang masih bisa dipakai. Atau yang paling mudah adalah dengan membeli produk buatan dalam negeri," tambah Putri Julia Savitri, ketua Eco Nic.

Dengan cara ini, kita bisa mengurangi emisi polusi udara akibat transportasi yang digunakan untuk mengimpor baju dari luar negeri.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post