Stroberi Lindungi Perut dari Efek Alkohol  

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Stroberi Lindungi Perut dari Efek Alkohol  
Oct 27th 2011, 04:35

TEMPO Interaktif, Jakarta - Mengkonsumsi stroberi bisa membantu Anda melindungi lambung dari efek negatif alkohol. Riset yang dilakukan para ilmuwan Eropa ini mengungkapkan bahwa diet buah-buahan dapat mencegah kerusakan lapisan lambung dari alkohol.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal terbuka PlosOne juga mengungkapkan bahwa stroberi bisa mencegah penyakit lambung tertentu dan berkontribusi pada pengobatan kerusakan jaringan lambung.

Dalam risetnya para peneliti memberi makan ethanol pada dua grup tikus dan menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi ekstrak stroberi untuk 10 hari sebelum mulai diberi alkohol mengalami lebih sedikit kerusakan pada lapisan perut, selaput lendir, ataupun luka pada lambung.

Menurut Serena Tulipani, peneliti di University of Barcelona yang juga salah seorang peneliti pada riset ini, "Efek positif dari stroberi tidak hanya berkaitan dengan kapasitas antioksidan dan tingginya kadar senyawa fenolik, tapi juga karena mereka mengaktifkan pertahanan antioksidan dan enzim-enzim dalam tubuh."

Sedangkan Maurizio Battino, koordinator tim peneliti pada the Marche Polytechnis University di Italia, mengatakan, "Dalam kasus ini konsumsi stroberi selama atau sesudah patologi bisa memperkecil kerusakan selaput lendir lambung."

Namun, sambung Battino, penelitian ini jangan dipahami sebagai cara untuk mengurangi efek akibat mabuk, melainkan sebagai cara untuk menemukan molekul di dalam selaput lambung yang melindungi dari efek merusak atau agen yang berbeda."

HUFFINGTON POST I ARBA'IYAH SATRIANI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post