Akupuntur Aman untuk Penyembuhan Penyakit Anak

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Akupuntur Aman untuk Penyembuhan Penyakit Anak
Nov 22nd 2011, 08:06

Selasa, 22 November 2011 | 14:22 WIB

TEMPO.CO, Apakah anak-anak Anda susah sembuh dari penyakit asma atau penyakit lainnya? Selain dokter, Anda boleh memilih pengobatan alternatif dengan teknik akupunktur.

Menurut hasil penelitian di Kanada yang dilansir oleh jurnal Pediatrics, akupunktur sangat aman dan berisiko rendah bagi penyembuhan penyakit yang diderita anak-anak asalkan dilakukan oleh praktisi terlatih dan berpengalaman.

Hasil studi itu dilakukan oleh para peneliti Kanada dari University of Alberta di Edmonton. Setelah mengumpulkan data tentang berbagai penyakit yang diidap anak-anak di sana, selanjutnya mereka menemukan 279 kasus. Di antaranya 25 tergolong serius, satu sedang, dan 253 ringan.

Penyakit yang dianggap serius adalah infeksi, penyumbatan usus, dan gangguan jantung. Sedangkan kasus yang tergolong ringan yakni nyeri, memar, dan pendarahan.

"Hasil studi kami menemukan bukti bahwa akupunktur sangat aman untuk mengobati berbagai penyakit yang diderita anak-anak asalkan dilakukan oleh ahli yang berpengalaman dan terlatih," tulis para peneliti, yang dipimpin oleh Dinies Adams, di jurnal tersebut.

Akupunktur adalah pengobatan alternatif yang sangat umum di seluruh dunia, papar peneliti. Berdasarkan hasil studi pada 2007, jelasnya lagi, sekitar tiga juta orang dewasa dan 150 ribu anak-anak menggunakan teknik akupunktur sebagai pilihan menyembuhkan penyakit mereka.

"Berdasarkan literatur, akupunktur digunakan untuk menyembuhkan hampir semua penyakit kronis yang diderita anak-anak, seperti asma, eksim, dan alergi," kata Dr Lawrence Taw dari UCLA Center for East-West Medicine di Los Angeles.

"Akupunktur sangat aman, namun harus dilakukan oleh praktisi yang terlatih dengan baik dan berpengalaman. Dia juga harus mengenal anatomi tubuh manusia agar tidak berbahaya," jelasnya.

ABC NEWS | CA

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post