Aneka Rempah, Tak Hanya Menghalau Aroma Menyengat

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Aneka Rempah, Tak Hanya Menghalau Aroma Menyengat
Nov 6th 2011, 11:09

TEMPO Interaktif, Jakarta - Mengolah daging kambing susah-susah mudah. Sebab, aroma menyengat daging kambing atau bau perengus sering membuat orang enggan menyantapnya. Termasuk ada mitos alasan kesehatan, yakni bahayanya menyantap daging kambing. Berikut ini beberapa rempah yang bisa dimasak bersama daging kambing yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya bermanfaat untuk menghalau bau perengus.

1. Bawang Putih

Peneliti dari Universitas Brigham Young, Utah, Amerika Serikat, menemukan bahwa bawang putih yang ditumbuk dan dicampur dengan minyak dapat membunuh dua macam penyakit: herpes dan flu. Bawang putih mengandung sulfur (zat belerang) yang dapat melegakan saluran pernapasan serta membantu mengeluarkan lendir. Mengolah daging kambing dengan bawang putih, selain menghalau aroma perengus, membuat rasa daging lebih enak dan menghilangkan kekhawatiran akan bahaya pada menu olahan daging kambing. Manfaat lain dari bawang putih tak hanya untuk penyakit ringan, tapi juga bisa mencegah timbulnya penyakit berat, misalnya kanker. Bawang putih memiliki kandungan organosulfida yang bermanfaat bagi hati dalam proses menyaring senyawa beracun yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu, mengkonsumsi potongan-potongan bawang putih sama saja dengan memerangi racun dan penyakit kanker yang menyerang tubuh Anda. Manfaat lainnya adalah meningkatkan stamina dan sebagai sumber kekuatan fisik.

2. Jahe

Memasak daging kambing dengan jahe, selain mendapatkan cita rasa pedas, akan memberi sentuhan cita rasa yang khas. Selain rasa pedasnya menyegarkan, jahe bermanfaat mengobati sariawan, kerusakan pada gigi, migrain, mabuk, jerawat, ketombe, mencegah masuk angin, dan membugarkan tubuh yang penat.

3. Kunyit

Bahasa latin kunyit adalah Curcuma longa. Kunyit merupakan tanaman herba berimpang dari keluarga jahe-jahean alias Zingiberaceae. Berasal dari daerah tropis Asia Selatan yang memerlukan temperatur 20-30 derajat Celsius. Kunyit memberikan rasa khusus pada menu kari daging kambing selain warna cantik dalam masakan ini. Dalam ilmu kesehatan, kunyit memberikan pengaruh atau manfaat positif pada pencernaan, menambah nafsu makan, dan berfungsi mencegah kanker.

4. Tomat

Sate kambing dengan irisan tomat (dan juga cabai rawit) adalah teman yang tak terpisahkan. Pohon tomat merupakan tanaman yang paling mudah dijumpai. Buah ini berwarna cerah, menarik, serta sangat kaya akan vitamin C dan A. Tomat juga dikenal sebagai sumber antioksidan. Tomat berguna mengobati bermacam penyakit, seperti menurunkan risiko gangguan jantung; menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan; menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara, dan endometrium; memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia; mengurangi risiko radang usus buntu; membantu menjaga kesehatan organ hati dan ginjal; mencegah kesulitan buang air besar; menghilangkan jerawat; mengobati diare; meningkatkan jumlah sperma pada pria; memulihkan fungsi lever; serta mengatasi kegemukan. | HADRIANI P

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post