Detox A-Z (bagian 3)

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Detox A-Z (bagian 3)
Nov 18th 2011, 08:10

KapanLagi.com - Artikel sebelumnya: Detox A-Z (bagian 2)

FOOD FOR THOUGHT

Tampan, seksi, sehat dan jago masak. It's just perfect! Sebagai lulusan salah satu sekolah kuliner bergengsi di Australia, kepiawaian Ari Galih dalam meracik bahan makanan sudah tak perlu diragukan lagi. Apalagi sebelumnya ia sudah berpengalaman bekerja sebagai chef di beberapa dapur hotel bintang lima di Jakarta. Kesibukan pria berkulit hitam manis ini sekarang adalah mengisi acara memasak di salah satu televisi swasta tanah air. Dalam acara tersebut, Ari berkeliling Indonesia hingga ke daerah-daerah terpencil untuk menggali khasanah kuliner lokal dan mengolahnya kembali dengan cara yang praktis. Nah, di sela-sela waktu liburnya, Cosmo berhasil mencuri waktunya untuk mengobrol sejenak dan belajar mengenai makanan sehat, dan tentu saja detoks.

WHAT COSMO LEARNED FROM ARI GALIH

10. The Power of Water. Hal paling penting dalam detoks adalah: minum air putih. Sudahkah Anda mengonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari? Well, you should! Karena air putih bisa membantu membuang racun-racun yang ada dalam tubuh melalui urin dan feses secara cepat. Selain itu, asupan air putih yang cukup juga sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin memiliki tubuh langsing dan kulit yang sehat. "Kalau bosan dengan air putih, tambahkan dengan perasan air jeruk lemon untuk manfaat yang lebih banyak lagi," ujar Ari. "Tapi tetap biasakan minum air putih ketika bangun tidur dan sebelum makan ya!"

11. A New Leaf. Sayuran memiliki peran penting dalam detoks karena kandungan seratnya yang tinggi dan merupakan sumber protein nabati yang berguna bagi tubuh. Salad sayuran bisa menjadi menu pilihan bagi Anda yang ingin menjalankan detoks. Pilih sayuran yang masih segar (bisa dilihat dari warna dan tekstur), dan sajikan dengan vinaigrette French dressing–juga dikenal dengan sebutan French dressing–yang merupakan campuran antara olive oil dan vinegar. Komposisi idealnya adalah ¼ acid (vinegar atau perasan lemon) dan ¾ olive oil. Voila! Inilah salad yang sehat dan lezat untuk Anda nikmati.

Agar detoks Anda lebih efektif, berikut ini adalah sayur-sayuran yang bisa menjadi pilihan:

- Artichoke: memiliki efek diuretik, mampu meningkatkan fungsi hati, dan kaya akan zat besi.

- Seledri: membantu detoksifikasi darah, kalium, kaya vitamin C dan serat.

- Asparagus: memiliki efek diuretik, pencahar ringan, kaya serat dan vitamin.

- Peterseli: meningkatkan pencernaan, memiliki efek diuretik, menghilangkan racun, kaya akan beta karoten dan asam folat.

- Bawang: meningkatkan fungsi hati, prebiotik alami yang kaya akan bakteri baik.

12. Fruit Loot. Hampir 90% buah-buahan memiliki manfaat bagi kesehatan. Untuk Anda yang sudah terbiasa dengan detoksifikasi pasti sudah sangat akrab dengan jus buah. Ya, salah satu tip detoks adalah menghindari makanan padat agar lambung tidak bekerja terlalu berat. Oleh karena itu, jus buah-buahan kerap dijadikan pengganti makanan atau camilan. "Tapi manfaat yang sama sebetulnya bisa Anda dapat dari buah-buahan yang dikonsumsi langsung tanpa perlu diolah menjadi jus," kata Ari, "asal jangan lupa, pilih buah-buahan yang kaya serat karena kandungan air dan serat dalam buah akan mengusir toksin di organ pencernaan dan darah." Selain itu, antioksidan yang terdapat dalam buah juga bisa membuat Anda tambah cantik!

13. Super Fiber. Makanan rendah serat dapat mengurangi jumlah toksin yang dibuang dari tubuh, mengakibatkan 'tabungan' toksin dalam tubuh semakin bertambah. Worst case scenario? Bakteri di usus akan mengubah toksin-toksin tersebut menjadi bentuk yang lebih berbahaya. Scary, right? Oleh sebab itu, selain dari buah-buahan dan sayuran, Anda bisa menambah asupan serat dari oatmeal. Oatmeal yang berasal dari biji gandum yang telah diolah ini memiliki serat alami dengan daya serap air paling baik. So no wonder, makanan ini menjadi salah satu sumber terbaik serat yang dapat dicerna (soluble fiber). Serat macam ini dapat mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dalam tubuh.

14. Pick the Right Snack. Bekerja di depan komputer sambil tak hentinya mengudap apa saja yang ada di meja kerja. Sounds familiar? Mulai saat ini, bawalah camilan sendiri dari rumah yang praktis dibuat, seperti fruit salad. Buah-buahan seperti stroberi, kiwi, pisang, mangga, honeydew, dan rockmelon bisa menjadi alternatif. Pilih plain yoghurt yang bagus untuk pencernaan karena kandungan bakteri baiknya. Ingin lebih manis? Madu murni adalah pilihan yang tepat. Sekarang Anda pun bisa makan, tanpa rasa bersalah!

15. SMO Juice. Minuman detoks praktis dan sehat ala Ari Galih.

Bahan :

40 ml jus jeruk
40 ml jus mangga
3 buah stroberi segar
Es batu secukupnya

Cara membuatnya: Blender stroberi dan es batu hingga halus, masukkan air putih secukupnya. Setelah itu, tuangkan stroberi blended tersebut ke dalam gelas, kemudian tambahkan jus jeruk dan jus mangga untuk memperkuat rasa. (Cosmo/wsw)

Source: Cosmopolitan Edisi Oktober 2011, Halaman 219

Provided by:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post