Susah Tidur? Minumlah Jus Ceri

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Susah Tidur? Minumlah Jus Ceri
Nov 3rd 2011, 05:53

TEMPO Interaktif, London - Lupakan susu hangat atau kopi. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, minumlah segelas jus ceri. Minuman ini secara signifikan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur Anda sekaligus. Hanya jus dengan rasa asamlah yang memberikan efek menenangkan itu.

Para ilmuwan dari School of Life Sciences di Northumbria University menemukan bahwa jus ceri asam bisa membantu orang-orang yang mengalami insomnia (kesulitan tidur). Menurut mereka, jus ceri Montmorency dapat meningkatkan kadar melatonin--hormon yang berkenaan dengan kebiasaan tidur.

Dalam penelitian ini seperti dikutip situs Daily Mail edisi 2 November 2011, para partisipan yang mengkonsumsi jus asam ini tidak hanya tidur lebih lama, tetapi juga mengalami peningkatan kualitas tidur. Sekelompok relawan diberi 30 mililiter (ml) jus ceri asam dua kali sehari selama sepekan dan tubuhnya dipasangi alat sensor untuk memonitor pola tidurnya.

Hasilnya, para relawan yang mengkonsumsi jus ceri mengalami peningkatan jumlah tidur sebanyak 25 persen dari biasanya dan mengalami peningkatan kualitas tidur sebesar enam persen.

Temuan ini bisa membantu mereka yang mengalami kesulitan tidur akibat insomnia, bekerja dalam shift, maupun jet lag. Menurut Direktur the Centre of Sleep Research di School of Life, Dr Jason Ellis, "Yang membuat temuan ini menarik adalah bahwa melatonin dalam jus ceri asam cukup untuk merangsang respons tidur yang sehat."

Hasil temuan ini bukanlah yang pertama mengungkap mengenai manfaat dari jus ceri Montmorency. Pada penelitian sebelumnya, yang dipublikasikan di Nutritional Practitioner dan dikutip Huffington Post, 2 November 2011, diketahui bahwa meminum segelas ceri asam sebanyak 250 ml memberikan manfaat yang sama dengan memakan 23 porsi buah-buahan dan sayuran. Riset itu menemukan bahwa jus ceri mengandung Oxygen Radical Absorbance Capacity (ORAC) sebanyak 8.260 dibandingkan dengan kandungan ORAC pada buah dan sayuran lain yang hanya 1.790.

ARBA'IYAH SATRIANI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post