Becky Tumewu Libatkan Anak Diskusi Menu Makanan

KOMPASfemale
KOMPASfemale
Becky Tumewu Libatkan Anak Diskusi Menu Makanan
Dec 11th 2011, 00:56

KOMPAS.com - Bagi Becky Tumewu, kesibukan bukanlah penghalang untuk tetap menjaga kesehatan keluarganya. Demi memenuhi kebutuhan gizi keluarganya, Becky selalu memperhatikan asupan makanan serta jenis makanan yang dikonsumsi keluarganya. "Saya membiasakan keluarga untuk makan di rumah, dan sesekali saya masak di rumah," ungkap Becky, saat final kompetisi "Masakan Andalanku" yang diadakan oleh Kecap ABC Black Gold di Carrefour MT Haryono, Jakarta Timur, Sabtu (10/12/2011) lalu.

Ternyata perhatian Becky dalam hal menu makanan ini membuat seluruh keluarganya menjadi keluarga yang senang memasak. "Suamiku jago memasak. Akhirnya kami punya masakan andalan kami masing-masing, sehingga makanan yang disantap pun jadi beragam," tukas istri dari Johannes Theodorus Darmawan ini. Menurutnya, variasi makanan yang disajikan orangtua akan sangat berpengaruh pada peningkatan selera makan anak-anak.

Untuk menciptakan berbagai variasi makanannya, tak jarang Becky mengajak anak-anaknya untuk berdiskusi dan menentukan pilihan makanan yang ingin disantap. "Pemilihan menu makanan menjadi salah satu sarana diskusi antara orangtua dan anak-anak," bebernya. Diskusi yang sering dilakukannya ini tak jarang juga memicu pertentangan dari anak-anaknya, karena mereka ingin menyantap makanan lain yang tidak sehat. Jika hal ini terjadi, biasanya Becky dengan tegas selalu membeberkan berbagai akibat yang akan timbul akibat mengonsumsi makanan tersebut.

Kecanggihan teknologi pun dimanfaatkan Becky untuk memberikan sejumlah fakta negatif tentang efek makanan tak sehat di dalam tubuh. "Saya biasanya browsing dengan anak-anak untuk memberitahu mereka tentang bahaya makanan tersebut, misalnya kanker, atau obesitas. Jadi kita melarang bukan sekadar melarang, tapi ada fakta yang diberikan sehingga mereka bisa lebih mengerti," tegasnya.

Ia tak menampik sesekali menghadirkan fast food atau frozen food sebagai variasi makanan menu sehari-hari. Namun karena hanya sebagai variasi, umumnya Becky hanya menyajikannya dua minggu sekali saja. Dan, meski terkadang menghadirkan frozen food di meja makan, Becky tak lantas melupakan kadar gizinya. Beberapa frozen food seperti nugget tak jarang dibuatnya sendiri, atau dibeli dari teman-temannya yang pandai membuat frozen food dengan bahan dan kandungan gizi yang sangat diperhatikan.

"Saya dan keluarga kadang memasak bareng di rumah untuk membuat berbagai macam masakan ini," ungkap ibu dari Tara Marie Darmawan dan Kayla Zefanya Darmawan ini.

Selain membiasakan anak-anak untuk menyantap makanan sehat, Becky juga membiasakan anak-anak untuk disiplin saat makan. Ia selalu membiasakan anak-anaknya untuk makan di meja makan, dan melarang mereka makan sambil bermain atau berlari-lari.

"Sejak kecil saya sudah memberikan beberapa aturan saat makan yang harus disepakati bersama, salah satunya adalah makan di meja makan. Sebab acara makan bersama adalah momen keluarga yang berharga," katanya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post