London (ANTARA News) - Festival makanan Indonesia, dipadu dengan peragaan busana memikat 350 undangan dari berbagai kalangan dubes, perwakilan asing, Parlemen dan Kementerian Luar Negeri Yunani serta anggota Woman International Club (WIC) di Mediteranian Grand Ballroom, Athens Ledra Marriott Hotel. Athena.
Bertemakan "A Journey to Indonesia", Indonesian Food Festival diadakan KBRI Athena bekerja sama dengan Hotel Athens Ledra Marriott, Perusahaan Pariwisata Travel Plan, Insider Magazine dan Qatar Airways berlangsung hingga 4 Desember mendatang, ujar Sekretaris I KBRI Athena Jani Sasanti, kepada ANTARA London, Jumat.
Selama lima hari kuliner Indonesia dari berbagai daerah menjadi kekayaan budaya bangsa "menggoyang lidah" pengunjung restaurant Zephyros, Hotel Athens Ledra Marriott termasuk General Manager hotel Delft Wenger dan General Manager Qatar Airways di Athena, Alexander Mikalopoulos.
Berbagai barang kerajinan Indonesia termasuk tembikar untuk menyajikan makanan, besek dari tikar dan pandan serta buah-buahan Indonesia dari kayu menghiasi restaurant Zephyros, Hotel Athens Ledra Marriott.
Juru masak Wisma Duta KBRI Athena, Tarso Madiki, yang sudah empat kali mengikuti penempatan bersama para dubes pada Perwakilan RI di Luar Negeri menghidangkan gado-gado, Tekwan, Rendang, Garo Rica, Wingko Babat dan Bubur Madura disajikan dengan menarik.
Dubes RI untuk Republik Yunani, Ahmad Rusdi menyampaikan kuliner nusantara yang kaya akan ragam dan cita rasa, merupakan salah bentuk khazanah budaya Indonesia yang ingin diperkenalkan kepada masyarakat setempat dan internasional.
Dikatakannya "A Journey to Indonesia" bertujuan memperkenalkan kuliner nusantara sebagai bagian dari jati diri bangsa, masyarakat internasional langsung teringat Indonesia ketika mendengar sate, rendang dan nasi goreng.
Selain itu, kuliner Indonesia dapat menjadi bagian dari khasanah kuliner global dan salah satu pilihan utama sajian internasional, ujarnya.
Dubes Rusdi mengharapkan melalui kegiatan ini akan mendorong lebih banyak wisatawan negara lain terutama dari Yunani untuk berkunjung ke Indonesia.
General Manager Travel Plan, Nikos Bolias, perusahaan terkemuka di Yunani berpengalaman dalam pengelolaan di bidang MICE, turis dan wisata mempresentasikan mengenai Indonesia.
Nuansa Indonesia dalam acara malam pembukaan berhasil memukau undangan dengan sajian kekayaan budaya Indonesia melalui fashion show keindahan batik Indonesia karya desainer Afif Syakur.
Dipandu Mrs. Sudha Nair-Illiades, editor dari Insider Magazine sebagai pembawa acara, sepuluh model dari Yunani membawakan 50 karya busana Afif Syakur yang terdiri dari koleksi busana siap pakai dan gaun malam yang mendapat sambutan meriah.
Di akhir acara, para tamu mencicipi beberapa jenis makanan khas Indonesia seperti nasi goreng, sate ayam dan sate kambing, serta lumpia Semarang.
Pada akhir festival undangan dan pengunjung restaurant mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah berlibur selama tiga malam ke Jakarta dan Bali.
Paket liburan ini merupakan kontribusi dari Qatar Airways, Travel Plan dan Hotel Athens Ledra Marriott. Sementara Insider Magazine, majalah berbahasa Inggris memberikan kontribusi penuh berupa publikasi dan peliputan.
Bentuk kerja sama KBRI dengan institusi dari kalangan perhotelan, pariwisata dan media merupakan upaya memperluas jangkauan KBRI ke berbagai lapisan masyarakat di Yunani.
Setiap undangan mendapat bingkisan tas batik berisi CD dengan lagu-lagu tradisional Indonesia serta brosur mengenai keberhasilan pembangunan, sosial, budaya dan objek wisata di Indonesia.
Pengunjung dapat memiliki busana yang telah diperagakan dengan harga promosi relatif murah dan terjangkau sebagai sarana promosi batik Indonesia agar batik dapat digunakan warga asing, demikian Afif Syakur, pengrajin batik dari keturunan generasi ke-4 asal kota pesisir, Pekalongan. (ZG)