Kapan Saatnya Ideal Menggunakan Lensa Kontak

Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Kapan Saatnya Ideal Menggunakan Lensa Kontak
Dec 25th 2011, 05:12

Liputan6.com, London: Kapan waktu ideal menggunakan lensa kontak? Sebenarnya penggunaan lensa kontak sudah ada pada kemasan pembungkusnya. Namun masih saja ada pemakai yang tidak mengindahkannya.

Ahli bedah mata dari India, Dr Keiki Mehta, mengatakan bahwa idealnya penggunaan lensa kontak adalah tidak lebih dari enam jam sehari. Jika masih membutuhkannya, Anda harus melepaskannya terlebih dahulu. Kemudian cuci dan lembabkan dengan cairan lensa kontak selama 20 menit, baru kenakan kembali.

Permintaan terhadap lensa kontak terbilang tinggi, sayangnya tidak semua pemakainya memahami risiko yang mengancam kesehatan mata mereka. Lensa kontak memang pilihan praktis bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan.

Juga bagi mereka yang ingin terlihat lebih trendi, dengan tampilan warna bola mata seperti cokelat, abu-abu, biru, hijau, dan sebagainya. Faktor risiko yang paling umum adalah penggunaan lensa kontak di luar masa pakai yang direkomendasikan.

Pengguna harus paham, bahwa lensa kontak memiliki batas waktu maksimum ketika digunakan tiap harinya. Majalah Inggris Female First belum lama ini melakukan survei terhadap sejjumlah wanita di Inggris, ternyata lebih dari 90 persen pengguna lensa kontak menggunakannya selama tujuh jam sehari. Bahkan, tak jarang dari mereka yang sering lupa masih menggunakan lensa kontak kala tidur.

Penggunaan lensa kontak yang melebihi batas waktu, dapat menyebabkan kekurangan oksigen pada mata. Mata bisa menjadi gatal, merah dan berair.

Hal ini tidak boleh dianggap remeh, karena membiarkan mata kekurangan oksigen dapat menyebabkan pembengkakan kornea dan memicu gangguan penglihatan yang lebih buruk.

Selain itu ketika memakai lensa kontak, Anda juga harus menghindari daerah berdebu dan berasap agar terhindar dari iritasi. Jangan biarkan benda asing seperti pasir atau kotoran kecil masuk ke mata. Menggosok mata juga dapat mengiritasi kornea dan menyebabkan infeksi. Jangan biarkan kesehatan mata Anda dipertaruhkan. Perhatikan rekomendasi dan batasan-batasan penggunaan lensa kontak sebelum memakainya.(MedicMagic/ARI)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post