Kulit Indah Bebas Rambut Tumbuh ke Dalam

Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Kulit Indah Bebas Rambut Tumbuh ke Dalam
Dec 14th 2011, 17:55

Liputan6.com, New Delhi: Tumbuhnya rambut di "tempat umum", terbukti bukan hanya jadi pemandangan yang buruk bagi penampilan kaum hawa. Terkadang rasa malu muncul bila tangan dan kaki ada rambut tumbuh ke dalam atau ingrowths. Pastinya Anda akan menghindari memamerkan kaki indah Anda. Terlebih bila kulit kencang, rambut ini akan terlihat seperti benjolan kecil di kulit.

Konsultan Dermatolog, Dr Kshama Vibhakar mengatakan benjolan itu juga bisa infeksi akibat folikulitis. Hal ini terjadi karena penyumbatan pada folikel rambut. Bisul atau jerawat dapat membentuk di dalam folikel rambut disertai rasa gatal dan salso yang bisa menyebabkan pembentukan nanah.

Rambut ingrowths terjadi karena proses pencabutan yang tidak tepat. "Baik itu waxing atau mencukur adalah penyebab umum tumbuhnya rambut ke dalam," ujar Vibhakar. "Di saat kulit tidak sepenuhnya tumbuh, maka rambut akan ditarik keluar. Hanya bagian dari rambut yang akan tercabut, sedangkan sisanya akan tumbuh ke dalam," jelas sang konsultan di laman timesofindia.com baru-baru ini. "Selanjutnya rambut itu akan tumbuh di dalam folikel, yang bisa menyebabkan ingrowths. Akibatnya pori-pori tersumbat dan akhirnya folikulitis." tambahnya.

Untuk menghindari hal tersebut Vibhakar menyarankan beberapa hal. Di antaranya, saat ingin waxing, hendaknya dilakukan bila rambut tumbuh baik dan sempurna. "Rambut tidak bisa ditarik sama sekali di saat tumbuh sangat kecil. Karena itu jangan di-waxing, bila rambut Anda tidak tumbuh secara sempurna," sarannya.

Dan bila Anda ingin mencukur rambut, baiknya cukurlah sesuai arah rambut dan hindari mencukur di saat rambut Anda basah. Bila ingin membasahinya, lakukanlah setidaknya lima menit sebelum memangkas rambut. Dan bila rambut kaki atau tangan ingin dibersihkan, alangkah asyiknya jika sebelumnya basahi tubuh dengan air hangat. Karena hal ini akan mempermudah rambut tercabut dari akar di saat pori-pori terbuka.

Yang terakhir, lakukan eksfoliasi kulit untuk mengurangi terjadinya ingrowths. Itu sangat penting kalau Anda menggosok kulit dengan exfoliator yang tepat. Usahakan gunakan air hangat sebelum memulai pengelupasan kulit, sehingga membantu dalam menghilangkan kotoran. Pengelupasan kulit secara teratur akan membuat rambut yang tumbuh ke dalam akan menjadi tumbuh keluar dari folikel rambut. Garam dicampur dengan minyak zaitun adalah exfoliator efektif. Dan tak kalah penting, kenakan pakaian longgar bila usai bercukur atau waxing, karena ini akan memaksimalkan pertumbuhan rambut keluar.(AIS)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post