Naik Mobil, Duduk Hadap Belakang Ya!

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Naik Mobil, Duduk Hadap Belakang Ya!
Dec 18th 2011, 00:00

Anjuran terbaru dari AAP, balita harus duduk menghadap belakang saat di dalam mobil.

KapanLagi.com - Masalah membawa anak kecil di dalam kendaraan sempat mereda ketika car seat khusus untuk balita telah ditemukan dan diproduksi secara besar-besaran. Namun ternyata ini bukan solusi paling mutakhir, karena bulan April 2011 lalu American Academy of Pediatrics (AAP) mengeluarkan kebijakan paling baru soal keamanan berkendara bersama balita.

Menurut asosiasi profesional dokter anak yang paling besar di Amerika ini, tidak cukup dengan car seat khusus saja, anak-anak harus didudukkan menghadap ke belakang saat duduk di dalam mobil. Car seat mereka sebaiknya dikaitkan erat di bagian belakang bangku penumpang bagian depan, sehingga mereka menghadap ke belakang. Cara ini disarankan untuk dilakukan hingga anak-anak berusia dua tahun, atau hingga mereka mencapai batas maksimum tinggi dan berat yang diijinkan oleh car seat tersebut.

Memang sih, Anda akan merasa lebih tenang jika si Kecil duduk menghadap depan di samping atau di belakang Anda karena akan lebih mudah untuk dilihat dan diajak berkomunikasi. Namun sebuah studi di tahun 2007, yang di publikasikan dalam jurnal INJURY PREVENTION menemukan bahwa anak-anak di bawah dua tahun akan 75% lebih terhindar dari bahaya kematian dan luka-luka pada kecelakaan jika mereka duduk menghadap belakang. Studi lain juga membuktikan bahwa duduk menghadap belakang akan lima kali lebih aman daripada hadap depan ketika terjadi kecelakaan.

Ini disebabkan duduk menghadap belakang dengan menyandarkan car seat pada bangku penumpang terdepan bisa menahan kepala, leher dan tulang belakang anak-anak secara lebih baik ketika terjadi kecelakaan. Dikutip dari parenting, hal ini karena hantaman yang terjadi saat kecelakaan terdistribusi ke seluruh tubuh, tidak ke satu bagian saja, jelas Dennis Durbin, MD, FAAP, seorang ilmuwan pediatris dan juga co-scintific director dari Center for Injury Research and Prevention di The children's Hospital of Philadelphia.

Mungkin Anda berpikir duduk menghadap belakang akan membuat pusing, namun jika Anda membiasakan hal ini sedari dini, ternyata hal itu tidak terjadi. Duduk menghadap belakang juga membuat anak lebih tenang karena tidak melihat apa yang terjadi dan apa yang ada di jalanan sekelilingnya. So, demi keamanan balita Anda, ada baiknya cara ini mulai diterapkan. (wo/miw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post