Paduan Makanan "Super"

Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Paduan Makanan "Super"
Dec 13th 2011, 14:53

Liputan6.com, Washington DC: Makanan super, super vitamin, dan super nutrisi, bisa Anda dapatkan. Caranya, gabungkan makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Paduan makanan tersebut dapat memberikan nutrisi super pada tubuh.

Anda mungkin sudah tahu beberapa makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Jika digabungkan, tentu saja, nutrisi yang Anda dapat akan lebih tinggi. Joy Bauer, seorang ahli gizi yang juga penulis buku bertajuk Food Cures pun membenarkan hal itu. "Jika beberapa macam makanan yang mengandung nutrisi tinggi digabungkan, maka nutrisi yang didapat pun bertambah alias super," tegasnya.

Apa saja makanan super yang mengandung nutrisi tinggi tersebut. Mari kita cek daftar makanan super, menurut womansday.com, berikut ini:

1. Kalsium + Inulin = perut sehat, tulang kuat Jika Anda sering mengalami masalah perut, Anda harus mengonsumsi inulin, sejenis serat yang membantu menyeimbangkan kadar bakteri dalam sistem pencernaan. Inulin juga membantu meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang.

Dengan mengonsumsinya secara bersamaan, sistem pencernaan sehat dan tulang kuat. Makanan super ini dapat Anda buat. Caranya, campur yoghurt segar dengan pisang. Paduan kalsium dan inulin akan Anda dapatkan. Selain yoghurt, sumber kalsium lain dapat ditemui pada susu, yoghurt, keju, brokoli, salmon, dan almond.

Sementara sumber inulin dapat ditemui pada bawang, bawang putih, pisang, tepung terigu, dan asparagus

2. Zat besi + Vitamin C = energi maksimum Jangan mudah menyerah ketika tubuh terasa lemah, tapi pekerjaan masih menumpuk. Bisa jadi karena tubuh Anda kekurangan zat besi. Asupan oksigen ke otot, otak, dan seluruh tubuh, tidak optimal dan menciptakan rasa sesak napas. Dalam situasi ini, segera konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging, ayam, telur, atau sayuran hijau.

Namun, akan sulit bagi tubuh untuk menyerap zat besi dari sumber tanaman atau sayur. Jadi, padukan dengan vitamin C adalah cara terbaik. Karena membuat zat besi lebih mudah diserap. Selain Anda akan segera memiliki energi, vitamin akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.

Cobalah dengan membuat sereal gandum ditambah irisan jeruk atau kiwi, untuk sarapan. Menu ini akan memberi Anda lebih banyak energi untuk menghadapi hari yang sibuk. Anda dapat menemukan sumber zat besi pada bayam, tahu, gandum, tepung kacang quinoa, dan kedelai. Sedangkan sumber Vitamin C dapat menggunakan jeruk, kiwi, jambu biji, stroberi, tomat, paprika, brokoli, kubis, dan kentang

3. Vitamin E + Vitamin C = mata sehat Ingin memiliki pandangan tajam dan mata sehat? Dapat dilakukan dengan meningkatkan konsumsi vitamin E. Selain itu, Anda juga dapat mengurangi risiko masalah degenerasi makula, pemicu utama dari kebutaan. Apalagi jika Anda mengonsumsinya dengan paduan makanan, yang kaya akan vitamin C.

Cara praktisnya, vitamin C dan E terkandung dalam buah kiwi yang mudah diserap oleh tubuh. Untuk menggabungkan kedua vitamin ini, Anda dapat membuat salad menggunakan irisan tomat segar dan taburi dengan almond iris.

Sumber Vitamin E lain juga dapat ditemukan pada almond, selai kacang, biji bunga matahari, dan kedelai. Sementara sumber vitamin C bisa menggunakan Kiwi, jambu biji, brokoli, tomat, dan kentang.

4. Senyawa Seng + belerang = memperkuat sistem kekebalan tubuh Kabar baik bagi pecinta bawang merah dan bawang putih. Keduanya tidak hanya menambah rasa lezat masakan, tetapi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa sulfur juga membantu meningkatkan penyerapan zat seng yang ditemukan dalam biji-bijian.

Menggabungkan keduanya akan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik. Sumber seng berasal dari gandum, beras merah, dan kacang-kacangan. Sedangkan sumber sulfur berasal dari bawang putih dan jenis bawang lainnya. (MedicMagic/SHA)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post