The Parade, Ajang Kreasi Anak Muda

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
The Parade, Ajang Kreasi Anak Muda
Dec 17th 2011, 22:10

Minggu, 18 Desember 2011 | 04:01 WIB

TEMPO.CO, YOGYAKARTA:- Kaum muda di Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menggelar ajang kreativitas dan bisnis di Jogja Expo Center sejak kemarin hingga hari ini, Ahad 18 Desember 2011 nanti. Mereka menjual berbagai produk kreatif, mulai dari pakaian, sepatu hingga pernik-pernik aksesori. Selain itu, ada juga festival band yang diikuti oleh 30 band independen atauindie.

Pameran yang digelar Kick Yogyakarta ini berkonsep ekshibisi pakaian dan community gathering. Ajang yang bertajuk The Parade 2011 ini menghadirkan 55 merek indie dari Bandung, Yogyakarta, Solo, Malang, dan Makassar. Komunitas indie di Yogyakarta yang juga ikut berpartisipasi adalah Cycle Bandidos, YK BMX, Balkot Skateboard, Fingerskate YK, Grafitti, Kayu Made, dan Lomography.

"Awalnya hanya membuat kaus dengan desain mereka. Lama-kelamaan malah menjadi industri," kata Danang Pandu, salah satu pengelola distro Slackers asal Yogyakarta, kemarin. Menurut dia, dengan mendirikan distro yang menjual pakaian dan aksesori, banyak anak muda yang kini bisa menjadi tumpuan ekonomi keluarga. Dalam tiga hari pameran, kata Danang, distro miliknya bisa mengeruk untung lebih dari Rp 100 juta.

Di DIY, ada lebih dari 30 distro yang sudah beroperasi sejak sepuluh tahun lalu. Selain menjual produk sendiri, mereka juga menghadirkan produk dari luar kota dan bahkan barang impor. Harga kaus, misalnya, berkisar dari Rp 60 ribu-Rp 120 ribu, sedangkan kemeja dari Rp 140 ribu-Rp 200 ribu. Sedangkan sepatu diberi harga Rp 90 ribu-Rp 1 juta juga ada.

Optimistis pengunjung akan mencapai 70 ribu orang, panitia menargetkan transaksi selama pameran mencapai Rp 6 miliar. "Tahun lalu saja Rp 5,1 miliar," kata Project Officer Kick Yogyakarta Aras Suryo.

Hiburan oleh band indie dimulai pukul 15.00 WIB setiap hari selama pameran. Yang akan tampil antara lain Shaggy Dog, Endank Soekamti, Pee Wee Gaskins, Gigantor, dan Venomed. Pengunjung dipungut ongkos masuk Rp 10 ribu, tapi mendapatkan mendapatkan starter pack dari operator seluler dan voucher makan dengan nilai yang sama.

MUH SYAIFULLAH

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post