6 Tahap Kembali Bugar di Awal Tahun

KOMPASfemale
KOMPASfemale
6 Tahap Kembali Bugar di Awal Tahun
Jan 4th 2012, 04:04

KOMPAS.com - Setelah liburan dan berpesta dengan makanan, saatnya mulai lagi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga. Memulai kembali aktivitas fisik memang menyulitkan pada tahap awalnya. Apalagi setelah tubuh "dimanja" sepanjang liburan.

Pelatih fisik personal dan pakar nutrisi ternama, James Duigan, memberikan sejumlah tips untuk Anda, memulai aktivitas fisik di minggu pertama awal tahun. Sarannya, mulailah perlahan, jangan terlalu keras kepada diri sendiri. Kebiasaan Anda hidup sehat dan bugar akan kembali seperti semula. Berikut tahapan berolahraga selama enam hari pertama, sebagai langkah awal memulai kembali aktivitas fisik Anda:

Hari pertama: Mulailah dengan berjalan kaki. Cari area jalan kaki yang sejuk dan jauh dari keramaian, tarik nafas panjang. Hari kedua: Lakukan gerakan squat, lunges, dan push-up. Anda tentu dapat melakukan aktivitas fisik ini di rumah bukan? Hari ketiga: Ajak teman Anda untuk bermain tenis, badminton, squash, atau sekadar jalan kaki bersama. Lakukan olahraga apapun bersama teman, dengan begitu Anda akan lebih merasa termotivasi untuk kembali bugar. Hari keempat: Untuk menambah semangat, sekaligus menambah variasi olahraga, lakukan hal baru seperti mengambil kelas olahraga khusus yang ditawarkan pusat kebugaran. Atau jika Anda tetap memilih jalan kaki dan jogging, pilih rute baru yang belum pernah Anda telusuri sebelumnya. Intinya, lakukan aktivitas fisik baru saat memulai tahun. Hari kelima: Pada hari kelima, Anda akan merasa lebih baik dan kembali ke rutinitas aktivitas fisik seperti sebelumnya. Pada tahap ini, kombinasikan sejumlah olahraga. Mulailah dengan jalan kaki dan jogging, lakukan bergantian, jalan kaki satu menit diikuti dengan jogging 30 detik, seterusnya hingga 20 menit. Kalau Anda sanggup jogging 20 menit penuh, lakukan saja. Akhiri kombinasi latihan fisik ini dengan squat, lunges, push-up. Secara berurutan, lakukan squat 20 repetisi, lunges 15 repetisi setiap kaki, push-up 10 repetisi, sit-up 10 repetisi. Usahakan jangan ada jeda istirahat di antara setiap set-nya. Lalu setelah menuntaskan semua gerakan, istirahat lah 1,5 menit lalu ulangi lagi dari awal. Hari keenam: Setelah menuntaskan tahapan yang boleh jadi cukup berat di hari kelima, pada hari keenam ini lakukan relaksasi. Kembalikan keseimbangan tubuh dengan yoga, pilates atau boleh juga dengan pijatan.

Selamat mencoba!

Sumber: dailymail.co.uk

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post