Orang Tua Lebih Loyal Pada Anak Bertubuh Langsing

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Orang Tua Lebih Loyal Pada Anak Bertubuh Langsing
Jan 4th 2012, 00:00

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang tua cenderung lebih loyal dan perhatian pada anak yang bertubuh kurus.

KapanLagi.com - Anak-anak atau remaja bertubuh gemuk dan obesitas lebih sering menerima perlakuan intimidasi di sekolah, baik itu ejekan, panggilan yang tidak pantas bahkan dijauhi. Hal itu sudah menjadi sesuatu yang umum dan sayangnya, masih banyak orang yang tidak peduli dan menganggapnya sebagai hal biasa. Tak hanya di sekolah, nyatanya para orang tua melakukan upaya pilih kasih berdasarkan ukuran tubuh anak mereka sendiri.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of North Texas di Denton, Amerika Serikat menunjukkan hasil yang menyedihkan. Penelitian ini dilakukan dengan cara survey pada 379 mahasiswa berusia 17 hingga 26 tahun, 30 persen dari mereka adalah laki-laki. Hasilnya, mayoritas mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki BMI besar membeli mobil dengan uang mereka sendiri.

Sebanyak 82 mahasiswa/i yang membeli mobil dengan uang sendiri, sebanyak 39 persen mengalami masalah kelebihan berat badan atau obesitas. Bandingkan dengan 297 mahasiswa/i bertubuh ideal, sebanyak 18 persen dari mereka lebih mudah mendapat bantuan dari orang tua mereka dalam hal keuangan.

"Sama halnya dengan biaya kuliah, membeli mobil selama masa kuliah membutuhkan biaya yang sangat besar dan menjadi sebuah investasi, para orang tua dapat memilih akan membantu meringankan biaya anak-anak mereka atau tidak," ujar Adriel Boals yang merupakan peneliti pada Reuters Health.

Loyalitas yang diberikan orang tua menjadi bias pada saat mereka ternyata cenderung lebih senang membantu anak-anak yang bertubuh lebih ramping. Sementara anak-anak bertubuh gemuk dan obesitas diharapkan bisa berjuang sendiri, tak hanya berjuang menurunkan berat badan, tetapi juga untuk menangani masalah lain. Hal ini bisa membuat anak-anak bertubuh gemuk makin rentan pada depresi dan mengalami masalah emosi.

Dukungan dari orang tua pada anak-anak yang mengalami berat badan berlebih dan obesitas sangat diperlukan, terutama dukungan untuk mencapai berat badan ideal. Dukungan dari orang tua untuk anak bertubuh gemuk dapat menunjukkan bahwa mereka memberikan perhatian yang sama pada saudara mereka yang bertubuh lebih ramping. (wo/wsw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post