Mengolah Mangga ke dalam Masakan

Dapur - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Mengolah Mangga ke dalam Masakan
Sep 23rd 2012, 12:03

KOMPAS.com - Kuliner nusantara juga punya hidangan khas yang menggunakan mangga. Sambal mangga yang segar, memadukan rasa pedas dan asam merupakan salah satu hidangan tradisional populer di Indonesia.

"Umumnya mangga dimasak sebagai sambal mangga. Belum banyak yang mengolah mangga, kebanyakan masih dimakan segar. Sebenarnya mangga juga bisa dibuat saus, juga dimasak sebagai appetizer, menu utama, dan dessert," jelas Chef Vindex Tengker, di sela peluncuran kampanye "Mangga Mania" oleh konsorsium Nusa Fresh di Hotel Dharmawangsa Jakarta, beberapa waktu lalu.

Saat memasak mangga, Vindex menyarankan untuk memerhatikan tekstur dan rasanya. Perlu ada penyesuaian jenis mangga dengan jenis masakan yang akan dibuat. Menurutnya, mangga matang atau asam cocok untuk hidangan pembuka. "Untuk appetizer sebaiknya jangan pilih mangga manis," tuturnya.

Mangga yang rasanya manis lebih cocok untuk hidangan penutup. Sementara untuk hidangan utama Anda bisa memasak mangga yang rasanya manis atau asam. Menurut Vindex, untuk menu utama tidak ada batasan, apakah mangga jenis tertentu lebih cocok dipadukan dengan daging atau ikan misalnya. Ia sendiri mengkreasikan mangga menjadi aneka masakan modern.

Kreasi mangga ala Chef Vindex sengaja dihadirkan untuk memberikan inspirasi bagi perusahaan makanan dan minuman yang ingin menggunakan mangga sebagai bahan masakan di berbagai menu di kafe dan restoran. Untuk memeriahkan kampanye "Mangga Mania" yang berlangsung September-November 2012 ini, Vindex dengan cekatan mengolah tujuh jenis mangga menjadi tujuh jenis masakan berbeda, mulai appetizer hingga dessert.

Masakan dari mangga kreasinya di antaranya puding mangga yang diolah dari mangga manis yang sudah matang. Sementara untuk hidangan utama, Vindex menghadirkan menu hotel bintang lima, grilled beef dengan salad mangga indramayu dan sambal kacang. Ia juga mengombinasikan mangga manalagi yang diiris tipis sebagai salad untuk hidangan utama coconut prawn. Potongan mangga golek juga menyatu sempurna dengan ayam bumbu kari bercampur potongan apel dan nanas.

Khusus untuk satu makanan tradisional, mangga asam dan manis bisa dikombinasikan. Misalnya dalam asinan bogor, di mana Vindex mengombinasikan beberapa jenis mangga dengan rasa berbeda, menjadi asinan segar perpaduan asam, manis, dan pedas, dengan taburan kacang.

"Untuk asinan, bisa digabungkan mangga matang dan mangga muda, yang penting teksturnya tidak mudah hancur. Kalau lembek sebaiknya buat saja saus mangga," sarannya.

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post