Isi Dompet Bisa Jadi Sarang Kuman

New Feature - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Isi Dompet Bisa Jadi Sarang Kuman
Oct 22nd 2012, 12:51

Kompas.com- Kapan terakhir kali Anda membersihkan kartu-kartu yang mengisi dompet? Jarang ada orang yang melakukannya. Padahal, selain uang berbagai jenis kartu pembayaran yang biasa kita pakai bisa menjadi sarang kuman.

Dalam sebuah penelitian diketahui satu dari 10 kartu bank di dompet mengandung bakteri fecal yang terkontaminasi dari tangan.

"Meski seseorang mengatakan mereka sudah mencuci tangan tapi hasil penelitian menunjukkan patogen ini mudah berpindah dan bertahan di kartu atau uang," kata Dr.Ron Cutler, dari Universitas London.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh London School of Hygiene & Tropical Medicine, para peneliti menganalisa jumlah bakteri yang ada dalam isi dompet 272 orang. Para responden itu sebelumnya diminta mengisi kuesioner mengenai kebiasaan mencuci tangan.

Dari hasil usapan dan kultur ditemukan adanya bakteri fecal seperti E.coli, Streptococcus faecalis dan Enteroccoci, serta bakteri staphylococci.

Bakteri-bakteri tersebut 91 persen ditemukan pada orang yang selalu mencuci tangannya setelah memakai toilet. Sekitar 39 persen responden mengatakan mereka selalu mencuci tangan sebelum makan.

Secara umum, 28 persen hasil usapan terkontaminasi bakteri dan 26 persen memiliki bakteri fecal yang biasanya merupakan cemaran dari feses. Para peneliti juga menemukan bahwa 8 persen hasil usapan dari kartu dan 6 persen dari kertas tagihan memiliki bakteri fecal sebanyak yang bisa kita temukan di toilet kotor.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post