Jusuf Kalla Siapkan Pembangunan Pabrik Kantung Darah

New Feature - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Jusuf Kalla Siapkan Pembangunan Pabrik Kantung Darah
Nov 17th 2012, 15:40

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES

Petugas memeriksa persediaan darah donor di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (29/2/2012). Dalam sehari unit ini menargetkan menerima 1000 kantong darah dari wilayah Jabodetabek. Sedangkan pada skala nasional, PMI membutuhkan 4 juta kantong darah tiap tahunnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla membocorkan sedikit informasi tentang pembangunan pabrik kantung darah milik PMI. Hal itu dikatakan Kalla di sela-sela talkshow yang diadakan Kompasiana di Skeeno Hall, Gandaria City, Jakarta Selatan, Sabtu (17/11/2012).

"Sekarang dalam proses, pabrik kantung darah itu lagi dibangun," ujar mantan Wakil Presiden RI tersebut.

Menurut pria yang akrab disapa JK tersebut, nilai investasi pembangunan pabrik itu sebesar 60 juta dollar Amerika Serikat. Pembangunan pabrik kantung darah ini dilakukan bekerja sama dengan berbagai perusahaan internasional, terutama terkait pengadaan teknologi pabrik tersebut. "Sekarang kita lagi bikin teknologinya. Kita akan pakai teknologi Jepang atau Jerman," kata JK.

Pabrik kantung darah milik PMI yang rencananya akan dibangun di Jawa Timur tersebut ditargetkan akan rampung tahun 2013. Selama itu, organisasi berbasis kemanusiaan itu akan melakukan penyempurnaan di beberapa aspek.

Adapun dari sisi pelayanan bagi pendonor darah, PMI memilih untuk menjemput bola ketimbang menunggu. Untuk itu, unit-unit donor darah yang digelar di pusat-pusat keramaian, yang sempat dilakukan PMI, diganti dengan mengunjungi sekolah atau instansi. "Tapi karena ternyata terlalu mahal dan kurang efektif, lebih efektif kita mengunjungi pendonor dengan bus-bus. Tangkap bola daripada menunggu bola datang," ujarnya.

Pembangunan pabrik kantung darah itu dilakukan setelah melihat kondisi Indonesia yang masih mengimpor kantung darah dari Singapura. Padahal, jumlah penduduk Indonesia jauh lebih besar dari Singapura. Impor itu masih memenuhi tiga per empat dari kebutuhan 2 juta kantung darah per tahun di Indonesia.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post