4 Kiat Membuat Kue yang Lebih Sehat

Dapur - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
4 Kiat Membuat Kue yang Lebih Sehat
Dec 27th 2012, 11:54

KOMPAS.com - Jika momen liburan ini ingin Anda manfaatkan untuk memasak kue sebagai hidangan istimewa untuk dikonsumsi keluarga, atau memberikannya ke kerabat atau kolega sambil bersilaturahim, pastikan Anda menyajikan hidangan yang lebih sehat.

Bentuk rupa kue boleh saja sama dengan kebanyakan kue yang Anda nikmati, namun Anda bisa menjadikannya lebih sehat dengan pemilihan bahan tepat. Simak kiat membuat kue sehat ala Hilary Meyer, Associate Food Editor, EatingWell Magazine.

1. Kurangi mentega.

Saat membuat kue, mentega selalu jadi bahan yang tak pernah ketinggalan. Anda bisa mengurangi bahan pembuat kue ini karena kandungan lemak jenuhnya tinggi. Anda tak harus menghilangkan semuanya, namun batasi penggunaannya. Ganti dengan minyak kanola atau gunakan produk berbahan susu seperti susu rendah lemak atau buttermilk.

2. Gunakan tepung gandum.

Tepung terigu menjadi salah satu bahan wajib membuat kue. Untuk menghasilkan kue yang lebih sehat, gunakan tepung gandum yang mengandung lebih banyak serat. Anda bisa mencampurnya dengan tepung terigu namun porsinya lebih banyak tepung gandum. Misalnya, jika takaran tepung yang dibutuhkan 15 gram, maka gunakan 12 gram tepung gandung dan tiga gram tepung terigu biasa.

3. Ukuran lebih kecil.
Saat liburan bisa jadi Anda mendapatkan kiriman banyak kue atau menikmati ragam kue saat berkunjung ke kerabat. Bayangkan jika setiap kali Anda disuguhkan kue, dengan ukuran besar, berapa kalori yang sudah Anda konsumsi. Jadi, jika Anda ingin membuat kue sendiri, buatlah dalam ukuran lebih kecil, ukurannya cukup 2-3 gigitan.

4. Hindari bahan pewarna.
Kue yang warna-warni boleh jadi menarik perhatian, namun berapa banyak campuran pewarna buatan di dalamnya. Anda bisa membuat dekorasi kue agar tampilannya menarik dengan menggunakan cokelat cair, kacang, selai sebagai pengganti pewarna makanan.

Sumber: eatingwell

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post