KOMPAS.com – Banyak yang tak suka dengan sikap orang yang suka pamer, pingin tampil dan selalu membanggakan diri. Akan tetapi demi kemajuan karier, kadang kita perlu "menjual diri". Untuk itu kita semua perlu menemukan cara untuk membuat potensi diri terpancar.
Dalam dunia karier ini merupakan sebuah seni serta tantangan tersendiri, bagaimana membuat Anda terlihat tanpa terkesan sombong apalagi menjilat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat untuk mengesankan bos dengan keterampilan tanpa terlihat berlebihan.
Mulai dari hal kecil
Ketika Anda memulai pekerjaan baru, atau bahkan jabatan baru, penting untuk tidak terlalu pamer. Misalnya, dengan sesumbar bahwa Anda bisa mencapai target penjualan karena pernah mendapatkan target yang lebih besar, tak akan mengesankan orang.
Sebaliknya, mulai dari kecil dan halus meminta saran atasan Anda untuk melihat apakah Anda sudah melakukan segalanya dengan benar. Saat atasan Anda meninjau pekerjaan Anda, dengan cepat ia akan melihat Anda mempunyai bakat. Ini adalah bentuk mudah dari promosi diri, karena tidak mengharuskan Anda untuk pamer sama sekali. Hal ini juga memungkinkan atasan Anda kesempatan untuk berbagi keahlian. Dan Anda dapat belajar sesuatu yang baru.
Bayangkan Anda adalah bos
Tempatkan diri Anda pada posisi atasan Anda, dan bayangkan betapa sulitnya untuk melihat prestasi kecil setiap individu dalam timnya. Sadari hal tersebut tidak mudah! Ini tidak berarti atasan Anda tidak bisa atau tidak akan mengenali bakat Anda. Ini berarti Anda mungkin harus membantu membuka matanya untuk lebih melihat prestasi Anda.
Jadi, cobalah mengakui sesuatu yang telah Anda pelajari dari atasan Anda. Ketika atasan Anda menyadari dia benar-benar memberikan bimbingan kepada timnya, kemungkinan dia akan jauh lebih jeli memerhatikan keterampilan Anda. Tapi perlu dicatat untuk melakukan hal ini dengan tulus dan jujur. Ungkapkan hal yang benar-benar Anda pelajari dari atasan Anda. Jangan mengarang atau berbohong, kredibilitas Anda secara keseluruhan akan dipertanyakan jika Anda ketahuan berbohong. Jika selama ini Anda tak pernah mendapatkan saran dan bimbingan dari atasan Anda, bersabarlah dan menunggu situasi atasan Anda benar-benar melatih Anda. Kemudian biarkan dia tahu bahwa hal tersebut sangat membantu Anda.
Keyakinan adalah kunci
Gagasan kerendahan hati adalah sifat yang baik, tidak pernah dimaksudkan untuk mengalahkan kepercayaan diri. Penting untuk dicatat bahwa dosis yang sehat dari kepercayaan diri merupakan fondasi penting untuk sukses baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Kuncinya adalah mengetahui cara menggunakan kepercayaan diri dengan bijak.
Ini bukan keterampilan mudah untuk dikuasai. Caranya: tunjukkan bukan katakan! Anda mungkin pernah mendengar ini, bagus jadikan itu sebagai pengingat setiap kali Anda tergoda untuk memberitahu seseorang akan kelebihan, pencapaian termasuk kehebatan Anda. Alih-alih mengatakan kepada seseorang, temukan cara untuk menunjukkan kepada mereka. Lakukan dengan mengerjakan tugas dengan baik, membuat presentasi yang mengesankan, dan bersikap anggun saat menerima pujian untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Dengan sedikit latihan dan banyak kesabaran, Anda akan mengetahui cara menggunakan dengan bijak kepercayaan diri Anda.
Sumber: The Daily Muse