Cemas karena Anak Pendek

Konsultasi - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Cemas karena Anak Pendek
Dec 26th 2012, 04:48

TANYA:
Dok, saya seorang ibu dari putri saya yang saat ini berusia 9 tahun. Tinggi putri saya saat ini adalah 105 cm, sementara beratnya adalah 17 Kg. Tinggi putri saya ini lebih rendah dari adiknya yang usianya berbeda 1,5 tahun.
 
Ketika lahir putri saya itu lahir spontan dengan berat badan 2,6 Kg. Saat lahir dinyatakan sehat. Usia bisa berjalan 16 bulan. Makan dan minum seperti anak-anak pada umumnya.
 
Menurut dokter, apakah pertumbuhan putri saya dalam katagori normal? Putri saya sudah mengalami serangkaian pemeriksaan, diantaranya pemeriksaan jantung dan paru-paru. Hasilnya normal. Kira-kira apa penyebab terhambatnya pertumbuhan putri saya ini? Terimakasih banyak atas jawabannya.

(Susilawati, Bandung)

JAWAB :

Tampaknya putri ibu termasuk perawakan pendek karena baik berat badan dan tinggi badannya berada di bawah nilai normal (di bawah persentil 3, kurva pertumbuhan NCHS). Penyebabnya dapat bermacam-macam, diantaranya ada riwayat asupan nutrisi yang kurang, faktor familial (keturunan pendek), faktor kekurangan hormon pertumbuhan, sindrom tertentu seperti sindrom Turner, kelainan metabolik, dan sebagainya.

Sebaiknya ibu membawa putri ibu ke dokter spesialis anak subspesialis endokrinologi yang terdapat di RS Hasan Sadikin Bandung untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih lengkap dan terarah sehingga penatalaksanaannya dapat lebih baik dan komprehensif.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post