Kiat Aktif Bergerak untuk Kelola Diabetes

LifeStyle - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Kiat Aktif Bergerak untuk Kelola Diabetes
Jan 7th 2013, 06:49

Kompas.com – Kunci mengelola diabetes tipe-2 adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Perubahan kecil seperti mengurangi waktu duduk ataupun bergerak lebih sering sudah dapat membantu untuk mengelola diabetes tipe-2. Sebuah studi baru dalam jurnal Diabetes Care pun mendukung gagasan tadi dan menawarkan beberapa kiat sederhana untuk membantu pasien untuk tetap aktif.

"Menjadi lebih aktif secara fisik seringkali diartikan berjam-jam di atas treadmill atau ikut kompetisi maraton. Padahal aktivitas fisik sederhana seperti berjalan, naik-turun tangga dan lebih aktif bergerak dalam menjalani kegiatan sehari-hari sudah efektif dalam membantu mengelola diabetes," ujar Profesor Mike Trenell, penulis dari studi ini dari Newcastle University, Inggris.

Para peneliti meninjau lebih dari 8.000 studi dan menganalisa secara mendalam pada 17 studi untuk melihat bagaimana para ahli kesehatan berupaya meningkatkan aktivitas fisik orang yang didiagnosis dengan diabetes tipe-2. Mereka mengidentifikasi 21 perilaku yang memiliki dampak positif pada kesehatan pasien.

Mereka menemukan bahwa bergerak dapat membantu meningkatkan kontrol glukosa dalam darah. Bergerak dapat menjaga darah tetap mengalir ke otot dan menjaga penyerapan gula dari darah dan ke dalam otot, kemudian gula dapat disimpan ataupun dibakar. Dengan bergerak tubuh mengeluarkan energi sehingga dapat menurunkan berat badan.

Nah, apa saja yang bisa dilakukan supaya kita bergerak lebih banyak?

1. Buat target. Buatlah rencana kegiatan yang terikat waktu, seperti berjalan 10.000 langkah perhari.

2. Tinjau. Setelah Anda mulai dengan aktivitas fisik, pastikan Anda meninjau perubahan dalam tubuh Anda untuk melihat hasilnya.

3. Rencanakan. Atur waktu untuk disisihkan setiap hari untuk melakukan aktivitas fisik, baik di rumah maupun di tempat kerja.

4. Libatkan orang terdekat. Biarkan teman dan keluarga Anda tahu bahwa Anda sedang memulai latihan. Mereka dapat membantu Anda untuk tetap rutin melakukan latihan atau memonitor kemajuan Anda.

5. Tingkatkan porsi latihan secara bertahap. Jika Anda sudah mulai terbiasa berjalan atau naik tangga, perlahan tingkatkanlah durasi ataupun frekuensi aktivitas fisik Anda.

6. Konsultasi dengan dokter. Tanyakan kepada dokter Anda tentang kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk mengelola diabetes.

7. Lakukan bersama. Perdekat hubungan Anda dengan lingkungan Anda. Kegiatan-kegiatan di lingkungan Anda dapat lebih menarik untuk dilakukan bersama dan dapat membuat Anda lebih aktif melakukan aktivitas fisik.

8. Ingat masa lalu Anda. Motivasi diri sendiri dengan mengingat masa lalu ketika Anda aktif secara fisik dan ingatlah bagaimana rasanya, menyenangkan bukan?

9. Jangan ulangi kesalahan yang sama. Analisa hambatan yang membuat Anda tidak lagi berolahraga dan jangan ulangi lagi sikap Anda untuk "menyerah" pada hambatan itu.

10. Terus belajar. Perkaya diri Anda dengan informasi tentang diabetes, serta keuntungan untuk menjadi sehat secara fisik.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post