Buku Panduan Mendidik Anak Berkarakter

Etalase - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Buku Panduan Mendidik Anak Berkarakter
Mar 5th 2013, 23:15

KOMPAS.com - Setiap orangtua dan guru memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada anak-anaknya. Hanya saja kedua ilmu ini belumlah cukup untuk mengantarkan anak-anak mendapatkan "kesempurnaan" hidup.

Selain pendidikan akademis, orangtua dan guru juga harus memberikan pendidikan karakter kepada anak-anaknya.  Untuk membantu Anda mendidik dan menciptakan karakter positif pada anak-anak, Dr John Garmo, PhD, meluncurkan buku referensi pendidikan karakter berjudul Pengembangan Karakter untuk Anak: Panduan Pendidik.

"Karakter akan membangun manusia atas hati atau jiwanya. Ketika mereka dihadapkan pada konflik atau tantangan atas nilai dirinya, maka dengan karakter yang dimiliki ia memiliki arah dan pegangan untuk mengambil keputusan," ungkap John Garno, PhD, saat peluncuran bukunya di Toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (5/3/2013).

Buku setebal 176 halaman ini merupakan materi utama pendidikan karakter yang sudah diterapkan di 16 negara seperti negara-negara Asia, Eropa, Amerika, dan Afrika. Buku ini juga memaparkan 10 kualitas karakter terpenting yang harus dimiliki anak sejak dini. "Buku ini memang dirancang untuk membantu para pendidik dan orangtua untuk mengembangkan karakter anak-anaknya dengan lebih terarah dan sistematis," tambahnya.

Selain memaparkan 10 kualitas karakter positif anak, buku berbasis pendidikan ini juga menyediakan ruang bagi para guru dan orangtua untuk mengajarkannya kepada anak-anak lewat beragam aktivitas, seperti diskusi, role playing, cerita, kesenian, atau kerajinan tangan yang bisa diterapkan sehari-hari di kelas atau di rumah.

"Saya berharap buku ini bisa membantu membentuk karakter anak-anak di seluruh dunia. Namun, buku ini tidak akan memberi pengaruh besar jika Anda sebagai orangtua atau pendidik tidak memiliki karakter yang positif dan bisa dicontoh anak-anak untuk  menjalani kehidupannya," pungkasnya.

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post