Curiga Mengapa Anak Terlalu Kurus

Konsultasi - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Curiga Mengapa Anak Terlalu Kurus
Apr 15th 2013, 03:57

KOMPAS/HERPIN DEWANTO PUTRO

Anak balita yang mengalami gizi buruk dan ibunya mengikuti program pemulihan gizi buruk di Pos Gizi Bangsa, Desa Buduran, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (8/3). Program yang digagas dan dilaksanakan warga secara mandiri ini masuk nominasi Indonesia MDG Awards 2012 pada kategori nutrisi.

TERKAIT:

TANYA:
 
Anak saya lahir 18 agustus 2009, BB lahir normal 2,9 kg . Sekarang BB 8,5kg dan TB 94cm. Ia terlihat kurus sekali, rambutnya juga tidak hitam pekat tapi agak semu merah. Apakah kondisi badannya normal dok. Sebagai informasi saya dan suami termasuk berperawakan kecil. TB suami 155 dan BB 55 Kg.
 
Dulu saya pernah bawa anak ke dokter anak dan dironsen. Katanya flek paru. Pengobatan berjalan setahun tapi tak ada perubahan. Pernah saya konsultasikan ke puskesmas katanya anak saya kurang gizi.
 
Anak saya makan cukup banyak. Susu juga doyan meski minumnya sedikit-sedikit. Menurut saya, pencernaan anak saya belum sempurna, misalnya saja kalau ia makan jagung rebus, pas BAB yang keluar masih bulir-bulir jagung, tidak lembek seperti saat makan nasi. Apa yang harus saya lakukan dok? Saya ingin tumbuh kembangnya normal sesuai usianya.
 
(Ummi, Tegal)

JAWAB :

Tampaknya si kecil mengalami gagal tumbuh, yaitu pertambahan berat badan dan tinggi badannya tidak optimal dan cenderung berperawakan kecil. Tinggi badan idealnya saat ini semestinya berkisar antara 94-106 cm dan berat badan idealnya berkisar antara 12-20 kg.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini seperti asupan nutrisi yang tidak optimal, infeksi kronis (seperti tuberkulosis, infeksi saluran kemih, kecacingan, dan sebagainya), gangguan hormonal, kelainan bawaan (kelainan kromosom, penyakit jantung bawaan), dan sebagainya.

Sebaiknya si kecil segera dibawa ke rumah sakit yang  memiliki fasilitas yang lebih lengkap agar dapat segera ditemukan penyebab dari gagal tumbuhnya.

 

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post