[X]

Anak Juga Butuh Kacamata Hitam

Ibu dan Anak - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Anak Juga Butuh Kacamata Hitam
Jun 20th 2013, 17:23

KOMPAS.com – Tak hanya orang dewasa yang membutuhkan perlindungan dari paparan sinar matahari; buah hati Anda juga membutuhkan hal yang sama. Efek buruknya pun tak hanya terasa pada kulit, tetapi juga mata. Untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan, ada sedikit tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan mata anak Anda.

"Ada banyak penelitian yang menunjukkan, sinar matahari berdampak buruk untuk mata anak Anda," ujar James McDonnell, MD, direktur medis di Loyola University Health System dan profesor oftalmologi di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine. "Sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan penuaan pada lensa dan kerusakan pada retina mata."

Orangtua harus berhati-hati menjaga perlindungan mata anak mereka agar tidak terlalu terkena paparan sinar matahari langsung. Anak-anak dengan kulit yang cenderung masih alami dan memiliki mata yang berwarna lebih terang, lebih rentan terhadap paparan sinar matahari yang terlalu banyak, demikian menurut McDonnell.

"Sensitivitas cahaya matahari juga menurun dalam keluarga. Jika Anda sensitif terhadap paparan cahaya, kemungkinan anak Anda akan serupa," tambah McDonnell.

Sinar matahari terlalu banyak dapat berakibat buruk bagi mata anak Anda, tetapi terlalu sedikit juga bisa merugikan. Jadi sebaiknya Anda tidak menghindari sinar matahari sama sekali. Karena, bagaimanapun mata anak-anak membutuhkan sinar matahari. Paparan sinar matahari melakukan banyak hal baik bagi tubuh, seperti memproduksi melatonin, dan penting untuk siklus tidur Anda.

Sebagai aturan umum, McDonnell mendesak para orangtua untuk membekali anak-anak mereka dengan kacamata hitam untuk melindungi mata mereka dari paparan sinar matahari secara langsung. Atau, gunakan topi saat bermain di bawah sinar matahari selama lebih dari 20 menit.
 
Yang perlu Anda ketahui juga, tidak semua kacamata baik untuk anak-anak Anda. "Ada banyak kacamata yang tidak efektif untuk melindungi mata anak-anak dari sinar matahari," kata Dr McDonnell.

Berikut beberapa tips saat memilih kacamata hitam yang tepat untuk anak Anda:
* Kacamata anak-anak harus memiliki bingkai yang membungkus ke sekeliling untuk melindungi mata mereka dari cahaya yang menimpa dari samping.
* Lensa harus cukup transparan agar dapat dilihat oleh mata anak Anda.
* Lensa hitamnya harus bebas dari bahan kimia berbahaya seperti phthalates atau bisphehol.
* Pilih model kacamata yang pas dan nyaman untuk mata anak.
* Carilah lensa yang mengandung perlindungan sinar UVA dan UVB.

Sumber: SheKnows

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1