Keju Bikin Sehat Gigi dan Mulut

LifeStyle - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Keju Bikin Sehat Gigi dan Mulut
Jun 10th 2013, 07:33

KOMPAS.com - Hasil penelitian kembali membuktikan manfaat keju bagi kesehatan gigi dan mulut. Menurut riset para ahli di Amerika Serikat, keju terbukti mampu meningkatkan perlindungan gigi dan mengurangi risiko gigi berlubang karena dapat menetralisir asam pembentuk plak.

Seperti dimuat jurnal General Dentistry, peneliti yang tergabung dalam  Academy of General Dentistry, melakukan riset melibatkan  68 responden berusia 12 sampai 15 tahun. Pada penelitian ini, satu kelompok responden diminta  memakan keju cheddar. Sedangkan kelompok lain ada yang mengonsumsi susu dan minum  yoghurt tanpa gula.  Setelah mengonsumsi jenis makanan tersebut, responden diminta berkumur.

Pengukuran tingkat keasaman dilakukan beberapa kali. Pertama, sebelum peserta mengonsumsi makanan tersebut, kemudian disusul setelah konsumsi makanan dengan jarak waktu 10, 20, dan 30 menit.

"Responden yang minum susu dan keju tidak mengalami perubahan pH. Sementara yang makan keju tingkat keasamannya naik menjadi lebih basa," kata pimpinan penelitian Vipul Yadav.

Perubahan tersebut, menandakan adanya perbedaan pada tumpukan plak dalam mulut. Plak diketahui tumbuh subur pada lingkungan asam. Sementara lingkungan basa menghalangi pertumbuhan plak.

Konsumsi keju akan membantu menetralisir lingkungan asam dalam mulut. Sehingga, gigi terhindar dari risiko pembentukan karang gigi dan memperkecil kemungkinan terjadinya lubang.

Hal ini dikarenakan melimpahnya produksi saliva (liur), yang merupakan cara alami tubuh untuk mempertahankan pH yang seimbang. Keju juga menciptakan lapisan perlindungan di sekitar gigi. Lapisan yang terdiri atas komponen biokimia ini, melindungi gigi dari asam yang bisa merusak lapisan pelindung.

"Makanan fermentasi membuat lingkungan mulut lebih basa, sehingga bisa melindungi gigi. Keju misalnya, memili kemampuan anti-cavity (gigi bolong)," kata Yadav.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post