[X]

Pilih Dibutuhkan atau Tak Tergantikan?

Karir - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Pilih Dibutuhkan atau Tak Tergantikan?
Jun 24th 2013, 14:57

KOMPAS.com — Mungkin tak ada pegawai yang tak tergantikan (irreplaceable). Namun, Anda bisa menjadi salah satu yang dibutuhkan atau harus ada (indispensable). Ada perbedaan dasar pada keduanya, tetapi mana yang lebih baik?

Dibutuhkan
Kisah petinggi Google yang pindah ke Yahoo menggambarkan sosok indispensable.

Marissa Mayer, President dan CEO Yahoo, semakin dikenal di dunia teknologi setelah berhasil membesarkan Google. Ia termasuk salah satu orang penting di Yahoo. Marissa pernah menduduki berbagai posisi dan bertanggung jawab atas pengembangan berbagai produk Google. Salah satunya layanan Google Search.

Banyak orang mengagumi kerja Mayer, salah satunya Chairman Google Eric Schmidth. "Saya sudah bekerja dengannya beberapa tahun dan dia adalah perempuan hebat, sangat inovatif, dan perfeksionis," puji Eric.

Di tengah kesuksesannya membesarkan Google, ia mendapat tawaran pindah ke Yahoo, perusahaan kompetitor yang saat itu pamornya sedang turun. Tak disangka, ia menerima tantangan itu.

Gaya kepemimpinan Mayer dipercaya dapat membenahi Yahoo. Di Google, Mayer terkenal dengan gaya kepemimpinannya yang inspiratif. Menurut Carmine Gallo, penulis buku The Presentation Secrets of Steve Jobs, Mayer memiliki tiga ciri pemimpin yang berkualitas. Dia memiliki passion terhadap pekerjaannya, persuasif, dan mampu memotivasi timnya.

Multiperan
Menjadi seseorang yang dibutuhkan berarti kita mampu memberikan dampak besar di mana pun kita berada. Ini lebih dari sekadar karakteristik seseorang, tetapi merupakan kombinasi dari cara pandang sekaligus keahlian yang dimilikinya.

Orang yang dibutuhkan umumnya mampu menangani berbagai macam proyek, menjalankan peran apa pun dengan baik, berani menghadapi setiap tantangan, serta dengan mudah membuat segalanya berjalan baik dan lancar. Ia seakan tahu apa yang harus dilakukan dan mampu memanfaatkan setiap skill yang dimilikinya.

Sedangkan menjadi tak tergantikan justru sebaliknya. Biasanya, orang tipe ini cenderung menyimpan ilmu dan keterampilan, dan berbagai informasi lainnya hanya untuk dirinya sendiri. Dia enggan membaginya dengan rekan kerja lain karena merasa terancam posisinya akan tersingkir. Padahal, sebenarnya ini adalah langkah yang salah.

Coba pikirkan kembali, jika posisi Anda tak tergantikan, ini berarti memperkecil kesempatan untuk mendapatkan promosi. Kesempatan mengembangkan karier di perusahaan lain pun bisa mandek. Namun, menjadi indispensable membuat Anda punya kesempatan besar untuk memajukan karier.

(Majalah Chic/Ayunda Pininta Kasih)

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1