Muda Sehat, Tua Berjaya

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Muda Sehat, Tua Berjaya
Sep 26th 2011, 08:00

Menjadi tua adalah hal yang tak bisa dihindari, namun bukan berarti ketika usia bertambah, daftar penyakit Anda pun jadi menumpuk.

KapanLagi.com - Usia kita pasti terus bertambah. Menjadi tua adalah hal yang tak bisa dihindari. Namun bukan berarti ketika usia bertambah, daftar penyakit Anda pun jadi menumpuk. Maka, selagi muda mulailah peduli pada kesehatan agar di masa tua nanti tidak menderita sakit-sakitan.

"Semoga panjang umur!" Itulah harapan yang sering kita dengar diucapkan pada sebuah perayaan hari ulang tahun. Namun, apalah artinya berusia panjang apabila sebagian besar waktu dihabiskan dengan sakit-sakitan, bahkan cuma bisa terbaring di tempat tidur. "Sekarang ini, banyak di antara kita yang ingin memiliki penampilan selalu awet muda. Tak heran, produk makeup antiaging pun laris di pasaran. Namun seharusnya kita jangan cuma memerhatikan penampilan luar semata, kondisi tubuh bagian dalam pun wajib di jaga agar di masa tua nanti tak cuma diisi dengan bolak-balik ke dokter atau rumah sakit lantaran sakit-sakitan," cetus Dr. Eddy Rizal Wahyudi, SpPD, dalam seminar Sehat dan Mandiri di Masa Tua dengan Menjaga Nutrisi Seimbang bersama Abbot, di hotel Akmani, Jakarta. Salah satu hal yang membuat tubuh menderita di masa tua adalah terjadinya masalah malnutrisi.

Tangkal Malnutrisi

Orang berusia lanjut ternyata sering mengalami masalah malnutrisi. Kondisi ini terjadi akibat tidak seimbangnya asupan makan yang menyebabkan seseorang mengalami kekurangan nutrisi atau sebaliknya kelebihan nutrisi. Hal ini disebabkan karena pola makan yang kurang baik, masalah pada proses pencernaan (mulai dari cara mengunyah makanan hingga pengolahannya di dalam tubuh) atau karena kondisi medis. Akibat jumlah nutrisi tidak seimbang, maka makin mudah bagi tubuh terserang beragam penyakit. "Keluhan pasien usia lanjut yang datang ke rumah sakit seringkali disebabkan karena mereka tidak mengonsumsi nutrisi dengan baik. Ditambah lagi kurangnya aktivitas fisik dan stres," tambah Dr. Eddy.

Konsumsi nutrisi yang baik tidak hanya dilakukan pada masa tua. Karena di masa tua, tubuh sudah sulit untuk membangun sebuah sistem imunitas. Anda dapat menabung cadangan nutrisi sejak dini untuk mencegah timbulnya penyakit degeneratif serta menurunnya kualitas hidup. Suplemen nutrisi dari makanan seperti buah dan sayuran yang seimbang serta lengkap mampu memberi asupan bagi energi tubuh. "Lakukan gaya hidup sehat agar tidak mengalami malnutrisi. Rata-rata pasien usia lanjut menderita sakit karena malnutrisi akibat kurang serat, protein dan mineral dalam tubuh," tambah Dr. Nina Kemala Sari, SpPD-Kger, FINASIM, FKUI, Jakarta. Selain itu olahraga teratur dan berpikiran positif akan membuat Anda bisa menikmati masa tua bersama keluarga dengan tubuh yang bugar.

Agar di masa tua nanti tetap 'jaya', cukupi kebutuhan nutrisi tubuh:

1. Kalsium dan fosfor

Manfaat: tubuh kokoh jauh dari osteoporosis

2. Zink, zat besi dan protein

Manfaat: meningkatkan fungsi imunitas atau daya tahan, mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan selera makan, serta mencegah stres oksidatif.

3. Vitamin B dan asam folat

Manfaat: mencegah anemia dan penyakit demensia di usia tua

4. Magnesium

Manfaat: menjaga kekuatan otot dan tekanan darah

5. Antioksidan, vitamin C, E

Manfaat: membantu regenerasi sel dan memperlambat proses penuaan

6. Serat

Manfaat: mencegah gangguan pada pencernaan atau konstipasi dan menghindari kenaikan kolesterol.

Tip Jadi Tua Bahagia

1. Cegah malnutrisi dengan tetap mengonsumsi pola makan sehat dan teratur. Jika mengalami perubahan selera atau terjadi pengurangan frekuensi makan. Cobalah berkonsultasi dengan dokter.
2. Hindari terlalu lama berbaring atau duduk, tetaplah bergerak aktif.
3. Lakukan hobi yang Anda suka! Teliti seluruh kegiatan yang sering Anda jalani. Pilih yang paling disukai. Contohnya jika Anda suka dengan mesin mekanik jangan mencoba hobi berkebun.
4. Bersikap positif dengan menikmati hidup, menerima perubahan tubuh dan pandai melakukan penyesuian kegiatan. (Fitness/miw)

Source: Fitness Magazine, Edisi Agustus 2011, Halaman 86

Provided by:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post