Dari Biasa Jadi Luar Biasa (I)

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Dari Biasa Jadi Luar Biasa (I)
Oct 3rd 2011, 08:00

Yuk, cek kebugaran tubuh Anda lewat 9 tes sederhana ini. Maka dengan mudah Anda bisa membentuk tubuh dari yang semula biasa-biasa saja menjadi luar biasa.

KapanLagi.com - Siapa di antara kita yang tak pernah membandingkan bentuk tubuhnya dengan wanita di sebelah yang sedang berlari di treadmill, atau duduk di kursi pantai? Pasti Anda pernah melakukannya, dan kemudian bertanya dalam hati, 'Siapakah yang tubuhnya lebih indah?' Mari lakukan cara cepat untuk mengetahui kadar kebugaran, tingkat bahagia dan sehatnya tubuh Anda.

Tes ini bisa Anda lakukan tanpa perlu menantang teman nge-gym untuk adu lari di treadmill ataupun meninggalkan ruang tamu di rumah. Bila Anda gagal menyelesaikan latihan kardio, push-up ataupun tes kelenturan tubuh, cobalah saran FITNESS untuk mendongkrak kemampuan Anda. Ikuti petunjuknya di halaman berikut dan lihatlah kemampuan Anda.

BAGAIMANA KONDISI JANTUNG ANDA?

1. Recovery Heart Rate

Anda tidak harus memacu kecepatan di track pada tes kecepatan untuk menguji kardiovaskular. Cobalah cara ilmiah yang biasa digunakan para trainer. Ayo, melangkah naik turun dingklik atau bangku dengan ketinggian 30-45 cm, selama 3 menit. Satu kaki naik ke dingklik, disusul dengan kaki lainnya. Lalu, satu kaki turun dari dingklik, disusul dengan kaki lainnya. Istirahat kira-kira satu menit, lalu periksa detak jantung Anda selama 30 detik (tekan nadi pada pergelangan tangan dengan jari tengah dan hitung denyutnya). Masukkanlah angka denyut nadi itu untuk mendapatkan 18.000 : (denyut x 5,6).

Buruk (1 poin) : 28-38
Sedang (2 poin) : 39-59
Baik (3 poin) : ≥ 60

Exercise Rx. Pompa kapasitas kardio Anda dengan latihan interval, kata Laura Mak, trainer di Marina del Ray, California, AS. Caranya, 20 menit latihan kardio sambil berlatih aerobik kegemaran Anda (jalan kaki, lari, sepeda, renang, elliptical atau naik tangga): pemanasan selama 3 menit, lalu lakukan dengan kencang selama 30 detik dan perlahan hingga 1 menit. Ulangi selama 9 kali, lalu pendinginan sekitar 3 menit. Begitu Anda merasa lebih kuat, secara bertahap tingkatkan kecepatan hingga 1 menit.

2. Cardio Endurance

Untuk menakar kekuatan jantung dan paru-paru, hitunglah jumlah waktu untuk ber-squat jumps tanpa henti. Berdirilah, buka kaki selebar bahu. Squat lalu loncat ke atas. Ulangi hingga Anda merasa perlu bernapas.

Buruk (1 poin) : 10 detik
Sedang (2 poin) : 11-19 detik
Baik (3 poin) : ≥ 20 detik

Exercise Rx. Jimmy Pena psikolog di Los Angeles menyarankan: tambahlah jarak berjalan atau lari Anda. Mulai dengan menambah waktu atau jarak 10 persen per minggunya. Lalu beranikan diri ikut acar lari bareng 5K atau 10K. Padukan latihan lari atau jalan cepat ini dengan gerakan squat jumps. Circuit training ini bisa menguatkan jantung Anda, demikian urai Pena. Ayo, lakukan 10 squat jumps di antara latihan jalan atau lari Anda.

Lakukan cek kebugaran selanjutnya dalam Dari Biasa Jadi Luar Biasa (II). (Fitness/wsw)

Source: Fitness Magazine, Edisi Agustus 2011, Halaman 56

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post