Riasan Wajah Mampu Meningkatkan Kompetensi?

KOMPASfemale
KOMPASfemale
Riasan Wajah Mampu Meningkatkan Kompetensi?
Oct 24th 2011, 05:56

KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan karier Anda, misalnya dengan produktif bekerja, selalu memenuhi tenggat waktu, hingga datang ke kantor lebih pagi. Selain itu, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan promosi yang sudah lama Anda idamkan, yaitu memakai make-up.

Dalam suatu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah PLos ONE, tim peneliti menilai 100 foto wajah dari 25 perempuan dengan jenis make up yang berbeda, yaitu alami, profesional, dan glamor. Make up alami yang dimaksud adalah make up minimalis dengan warna-warna lembut yang cenderung mirip dengan warna kulit. Make up profesional cenderung lebih berani dengan warna yang kontras dari kulit, dan disesuaikan dengan jenis pekerjaan. Sedangkan make up glamor menampakkan riasan warna-warni yang berani dan cenderung tebal.

Dari semua tingkatan make up ini, terlihat peningkatan daya tarik, kompetensi, dan kepercayaan. Yang mengejutkan, perempuan dengan make up yang profesional dan glamor dinilai sebagai lebih menarik dan lebih kompeten dibanding perempuan dengan tampilan alami. Menggunakan kosmetik saat ke kantor juga akan memberikan efek positif terhadap penilaian kompetensi seseorang, kehangatan sosial, dan profesionalitas yang terjadi berkat kepercayaan dirinya. Meskipun demikian, mereka yang senang mengaplikasikan make up profesional dan glamor cenderung kurang dapat dipercaya.

Penelitian yang diadakan oleh Harvard University ini menunjukkan bahwa perempuan yang menggunakan make up profesional saat ke kantor akan dianggap lebih menarik, kompeten, menyenangkan, dan lebih dapat dipercaya, dibandingkan yang ber-make up glamor. Disebutkan pula bahwa riasan wajah profesional yang digunakan sebaiknya kontras antara dengan kulit, dan disesuaikan dengan lingkungannya. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan lipstik merah.

Hal ini sesuai dengan penelitian lainnya yang mengungkapkan bahwa perempuan yang bisa berdandan terkesan lebih cerdas daripada yang lain. Untuk mendapatkan promosi jabatan, Anda harus memiliki produktivitas dan ketrampilan yang dibutuhkan; sedangkan penampilan menarik adalah syarat tambahan. Namun dalam penelitian terbaru ini terlihat, kebanyakan atasan mencari pegawai wanita yang menarik secara fisik, sekaligus punya keterampilan dan kompetensi.

"Hal ini menunjukkan bahwa make up sebenarnya adalah 'alat' yang bisa digunakan untuk memunculkan aspek yang berbeda dari diri mereka sendiri. Bukan hanya daya tarik mereka, tapi juga dari aspek lagi seperti lingkungan sosial, kehangatan, dan lainnya," ungkap Nancy Etcoff, PhD, asisten profesor klinis dari Harvard University.

Namun, benarkah menggunakan riasan wajah saja bisa mempengaruhi promosi kenaikan jabatan? Hal ini belum bisa dipastikan, karena selain daya tarik fisik dan kepercayaan diri, kemampuan diri serta produktivitas kerja juga turut menjadi pertimbangan untuk bisa mendapat promosi kerja. Perempuan harus punya kualitas personal dan profesional dalam bekerja, dan bukan hanya mampu memulas perona mata terus-menerus saat bekerja," tegas Veena Fox Parekh, manager komunikasi Wolters Kluwer Corporate, seperti dikutip dari Forbes.com.

(Dari berbagai sumber)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post