Siklus Menstruasi Pengaruhi Kegilaan Belanja Wanita

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Siklus Menstruasi Pengaruhi Kegilaan Belanja Wanita
Oct 13th 2011, 00:00

KapanLagi.com - Sebenarnya tidak ada yang benar-benar Anda butuhkan, namun keinginan untuk belanja begitu menggebu. Akhirnya Anda pun melangkahkan kaki ke mall dengan alasan 'sekedar cuci mata'.

Sesampainya di sana, setelah sejenak melihat-lihat, Anda teringat bahwa sebenarnya Anda membutuhkan ini, dan juga membutuhkan itu; Anda ingat baju Anda butuh dipasangkan dengan tas yang cocok. Kemudian Anda mendapati tulisan Sale yang semakin mendorong Anda untuk sekalian belanja mumpung sedang di mall.

Setiap wanita pasti pernah mengalami hal ini, dan kebanyakan diakhiri dengan rasa penyesalan yang dalam atas pengeluaran yang dikeluarkan itu. Dan tidak perlu bingung dengan apa yang terjadi, karena sebuah penelitian telah menjawabnya.

Dikutip dari miller-mccune, seorang psikolog Karen Pine dan Ben Fletcher dalam jurnal Personality and Individual Differences menulis, bahwa perilaku belanja wanita ternyata dipengaruhi oleh siklus menstruasi mereka. Berdasarkan studi tersebut, 2/3 wanita di masa pre-menstruasi cenderung gila belanja tanpa alasan yang jelas.

Perilaku tersebut adalah salah satu cara wanita untuk menyelamatkan moodnya dari rasa sensitif, mood yang tidak stabil serta mudah marah yang sering terjadi di masa-masa PMS. Selain itu, masalah hormon memang memengaruhi bagian otak yang terkait dengan pengendalian emosi dan pengendalian diri, terutama pada mereka yang menderita PMS parah.

Penyebab lainnya, belanja barang-barang tertentu membuat seorang wanita merasa lebih menarik. Ini berkaitan dengan masa ovulasi mereka, yaitu sekitar 14 hari sebelum menstruasi, saat-saat gairah berdandan wanita sedang tinggi-tingginya. Tidak heran jika barang yang paling banyak dibeli di masa-masa ini adalah high heels, perhiasan, make-up, parfum dan baju.

Untuk mengatasi hal ini, profesor Pine yang mengepalai penelitian ini menyarankan agar wanita tidak pergi belanja di minggu-minggu sebelum menstruasi. Waktu belanja sebaiknya di hari-hari akhir dan setelah menstruasi saja ya, Ladies! Anda akan lebih bisa berpikir jernih di masa-masa itu. (wo/miw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post