Zumba Dance Dahsyat Membakar Kalori

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Zumba Dance Dahsyat Membakar Kalori
Oct 23rd 2011, 08:00

Semua orang bisa merasakan kemampuannya dalam membakar 1000 kalori lebih.

KapanLagi.com - "Gerak cepat" itulah arti dari zumba, sebuah rangkaian gerak dansa yang mampu menyihir banyak orang untuk ikut merasakan kedahsyatannya. Tak percaya? Buktinya zumba dance telah dibuat dalam bentuk permainan Nintendo wii, XBOX hingga Playstation, agar semua orang bisa merasakan kemampuannya dalam membakar 1000 kalori lebih. Let's dance!

Dansa memang salah satu cara ampuh dan menyenangkan untuk membakar kalori sekaligus membuat tubuh makin lentur. FITNESS pun ingin kembali membuktikan hal tersebut dengan mengikuti kelas zumba dance di Gold's Gym. Apalagi latihan kali ini bersama Jun Ko Agus, instruktur zumba pertama di Indonesia yang memiliki lisensi sertifikat dunia sebagai instructor elite, Zumbe Instructor Network.

Mengenal Zumba

Zumba dance merupakan gabungan dari musik, step aerobic dengan beragam gerakan tarian Latin seperti tarian samba, merengue, salsa, reggae, hip hop, mambo, rumba, flamenco dan calypso dan banyak lagi. Zumba sendiri berasal dari bahasa Kolombia dari kata zum zum dan dipopulerkan Beto Perez. Pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada 1990-an, zumba dance terus mendapatkan penggemar yang banyak.

Tarian ini pun menjadi tren yang dibawa kedalam gym. Menurut Jun Ko Agus masyarakat di Amerika rela ikut menjadi member gym hanya untuk sekedar mengikuti kelas zumba dance. "Tren-nya memang beda, kalau di sana Zumba hanya bisa diikuti dalam gym dan banyak disenangi karena tarian ini mengandalkan gerak pinggul dan menggabungkan beragam variasi tarian seperti mambo, salsa, reggae, cha-cha dan banyak lagi semuanya digabung jadi satu dan juga dengan bermacam lagu yang semua enak di dengar untuk bergoyang," ujarnya.

Tarian ini tak membutuhkan pasangan untuk beraksi. Apalagi zumba menyajikan perpaduan kelincahan aerobik, gerak pinggul ala tarian Latin, dan goyangan bokong ala hip hop. Salah satu yang menjadi ciri khas zumba dance adalah perpaduan tradisi Afrika dan Latin dalam bentuk cumbia.

Awalnya cumbia merupakan rangkaian musik yang memiliki nada unik. Dari suara musik yang berdendang, memunculkan gerakan atau membuat orang untuk menari dan memunculkan cumbia dance. "Seluruh gerakan zumba tak bisa lepas dari cumbia, baik musik atau gerak, ini salah satu ciri khasnya," ujar Jun Ko Agus.

Target Latihan

Seperti tarian lainnya yang merupakan latihan cardio, zumba memiliki gerakan bertenaga sehingga menimbulkan kontraksi pada otot. Gerakan yang cepat juga menghasilkan tidak hanya pembakaran kalori dan lemak namun sekaligus menyehatkan jantung. "Target latihannya adalah all core, dengan sasaran fat and calorie burning, seperti dansa umumnya zumba bisa membakar 400-800 kalori, namun pada tingkatan mahir, tarian ini bisa membakar lebih dari 1000 kalori per satu jam latihan," tambah Jun Ko Agus.

Zumba melatih seluruh tubuh dari kepala hingga kaki. Gaya tarian latihan yang berfokus pada gerakan pundak, perut dan pinggul, mampu meningkatkan fleksibilitas tubuh jadi lebih baik. Pastinya bikin bokong dan lutut makin kencang.

RAGAM ZUMBA DANCE. (fitness/wsw)

Source: Fitness Magazine, Edisi September 2011, Halaman 64

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post