Gondok Serang Hampir Seluruh Warga Desa Pasiang

Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Gondok Serang Hampir Seluruh Warga Desa Pasiang
Nov 13th 2011, 14:54

Liputan6.com, Polewali Mandar: Puluhan warga dusun terpencil di Desa Pasiang, Matakali, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terserang penyakit gondok. Penyakit ini berjangkit diduga karena warga tidak mengonsumsi garam beryodium.

Jarima adalah salah seorang penderita penyakit gondok. Jarima mengaku selama puluhan tahun mengonsumsi garam tak beryodium. Alasannya selain harganya murah, garam tak beryodium mudah didapat di warung atau toko-toko terdekat.

Jarima khawatir dengan kelainan pembentukan kelenjar di lehernya. Ia pernah memeriksakan diri ke puskesmas, namun hingga kini tak ada perubahan. Gondok yang dideritanya sejak tiga tahun terakhir kini makin membesar hingga mulai mengganggu pergerakannya.

Penderita lainnya, Mirna mengaku mulai terserang gondok sejak dua tahun terakhir. Seperti warga lainnya, Mirna hanya membiarkan penyakit gondok bersarang di lehernya tanpa ada upaya untuk menyembuhkannya.

Keterbatasan biaya dan sarana kesehatan menjadi alasan warga enggan berobat ke dokter atau rumah sakit. Warga Desa Pasiang memang hidup serba kekurangan. Sarana jalan dan fasilitas kesehatan yang tidak memadai menyebabkan warga kesulitan mengakses sarana kesehatan dan fasilitas publik lainnya.(JUM)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post