Olahraga Bikin Tidur Nyenyak  

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Olahraga Bikin Tidur Nyenyak  
Nov 29th 2011, 08:00

Selasa, 29 November 2011 | 13:56 WIB

TEMPO.CO, Oregon - Mereka yang rajin mengunjungi tempat kebugaran ternyata bisa tidur lebih baik sekaligus merasa lebih waspada pada siang hari dibandingkan yang tak pernah berolahraga.

Itulah kesimpulan penelitian terbaru tentang manfaat olahraga. Aktivitas membakar kalori sedikitnya selama 150 menit sepekan ternyata bisa meningkatkan kualitas tidur hingga 65 persen.

"Kegiatan fisik ternyata tidak hanya bagus untuk lingkar pinggang dan hati, tetapi juga bisa membantu tidur Anda," kata peneliti Brad Cardinal, profesor ilmu olahraga di Oregon State University, seperti dikutip situs Live Science edisi 28 November 2011.

Cardinal dan rekan-rekannya mempelajari sampel nasional terhadap lebih dari 2.600 orang pria dan wanita berusia antara 18 hingga 85 tahun. Penelitian mereka menambahkan bukti yang menunjukkan bahwa "kegiatan fisik rutin bisa berfungsi sebagai alternatif non-obat untuk meningkatkan kualitas tidur," kata Cardinal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasa sering mengantuk pada siang hari mengalami penurunan hingga 65 persen pada mereka yang rajin berolahraga. Hasil temuan ini akan dipublikasikan di Journal Mental Health and Physical Activity edisi Desember 2011.

Para peneliti mengungkapkan bahwa pedoman nasional yang merekomendasikan untuk berolahraga selama 150 menit seminggu sesungguhnya dimaksudkan untuk meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular. Namun, kemudian diketahui bahwa olahraga juga memberikan manfaat kesehatan yang lain. Menurut data dari National Institutes of Health, sebanyak 35-40 persen orang dewasa di Amerika mengalami gangguan tidur atau sering mengantuk pada siang hari.

Lebih lanjut, para peneliti juga mengungkapkan bahwa para partisipan yang melakukan olahraga sesuai rekomendasi cenderungan untuk mengalami penurunan kram selama tidur sebesar 68 persen dan kesulitan untuk berkonsentrasi saat lelah juga berkurang 45 persen.

Jika Anda sering merasa terkantuk-kantuk pada siang hari, maka solusinya adalah melakukan olahraga yang tampaknya bertentangan karena menghabiskan lebih banyak energi. Namun, menurut para ahli, kegiatan fisik tersebut justru akan membuat Anda terjaga.

"Mungkin bagi Anda lebih mudah untuk meninggalkan pekerjaan dan pergi tidur saat Anda merasa lelah, tetapi membuat keputusan yang sulit, yakni pergi berolahraga akan bermanfaat untuk jangka panjang kesehatan Anda," ujar Cardinal. Jadi, jangan malas berolahraga!

ARBA'IYAH SATRIANI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post