Isi Tweet Mencerminkan Perubahan Kebahagiaan

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Isi Tweet Mencerminkan Perubahan Kebahagiaan
Dec 21st 2011, 06:27

Rabu, 21 Desember 2011 | 12:16 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pesan di twitter memang pendek, hanya 140 karakter. Namun para peneliti bisa mengetahui sesuatu yang ada di benak para pengguna Twitter berbahasa Inggris di seluruh dunia.

Mengamati 4,6 juta tweet (pesan) dari 9 September 2008 hingga 18 September 2011, para peneliti dapat menganalisis tingkat kebahagiaan meningkat atau menurun. Diungkapkan tim peneliti dari University of Vermont bahwa pada akhir bulan setiap tahun, hari Sabtu, dan pagi hari adalah saat bahagia.

Sementara Januari, awal pekan dan larut malam bukanlah saat bahagia. Liburan dan peristiwa pribadi, seperti pernikahan kerajaan atau kematian selebritas, bisa mempengaruhi mood secara signifikan. Penelitian sebelumnya yang meneliti perubahan mood secara global melalui twitter juga menemukan pola yang sejenis.

Perubahan Mood Kolektif

Akhir-akhir ini, para analis mengungkapkan bahwa tren secara keseluruhan adalah suram. "Setelah tren kenaikan yang terjadi pada Januari hingga April 2009, secara keseluruhan terjadi tren penurunan secara bertahap, agak lebih cepat pada setengah tahun pertama 2011," kata para peneliti yang hasil studinya dipublikasikan online di jurnal PLoS ONE edisi 7 Desember 2011.

Kebahagiaan rata-rata, kata mereka, cenderung naik selama akhir bulan dalam tahun penelitian, dan menurun pada Januari. Kebahagiaan juga naik pada akhir pekan, paling tinggi pada hari Sabtu, dan mencapai titik nadir pada hari Selasa. Seecara umum, kebahagiaan harian mencapai puncaknya pada jam 5 hingga 6 pagi waktu setempat, lalu menurun secara cepat pada awalnya kemudian turun perlahan dengan posisi paling rendah rata-rata pada pukul 10 malam hingga 11 malam untuk naik lagi setelah lewat tengah malam. Hasil ini kontradiktif dengan penelitian lain yang menggunakan informasi dari blog dan jejaring sosial Facebook.

Ada juga hari-hari di mana rata-rata kebahagiaan meningkat atau menurun tajam dengan tanggal di dekatnya. Kebahagiaan tertinggi terjadi pada Hari Natal diikuti dengan malam Natal. Secara umum, orang menjadi lebih bahagia pada saat liburan. Satu-satunya hari biasa yang merupakan hari positif, menurut catatan para peneliti, adalah ketika Pangeran William dan Kate Middleton menikah pada 29 April 2011.

Sedangkan hari menyedihkan adalah ketika terjadi bailout pada sistem keuangan Amerika pada awal Oktober 2008, yang menyebabkan terjadinya 'pekan depresi' di antara twitterers. Lalu kematian Michael Jackson pada 25 Juni 2009 menjadi hari paling menyedihkan.

LIVE SCIENCE I ARBA'IYAH SATRIANI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post