Kulkas Terlalu Penuh Bahayakan Kesehatan

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Kulkas Terlalu Penuh Bahayakan Kesehatan
Dec 21st 2011, 11:30

Rabu, 21 Desember 2011 | 16:42 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Menjelang liburan akhir tahun biasanya banyak pesta dan kegiatan berlibur. Simpanlah makanan dan buah-buahan di lemari pendingin dengan cara yang tepat. Pasalnya makanan akan tetap bagus kualitas dan penampilannya jika disimpan di dalam lemari pendingin (kulkas) dengan cara terbaik sesuai dengan jenis makanan tersebut. Ini adalah kesimpulan dari hasil survei yang dilakukan oleh lembaga independen pemantau konsumen di Australia, Choice.

"Ketika kita mengadakan banyak pesta atau berkumpul bersama, sangatlah mudah untuk tergoda menjejalkan sebanyak mungkin makanan ke semua celah atau ruang sempit di dalam kulkas," kata juru bicara Choice, Ingrid Just, seperti dikutip Sydney Morning Herald 21 Desember 2011.

Dengan melakukan hal tersebut, kata Just, "Makanan bisa rusak lebih cepat dan membuat motor kulkas bekerja lebih keras untuk menjaganya agar tetap dingin." Freezer akan bekerja dengan baik jika makanan dijauhkan dari jalan keluarnya udara dingin dan ruang udara di sekitar dinding kulkas cukup untuk sirkulasinya.

Menurut Just, ruang tersisa di luar lemari pendingin juga penting agar panas dari motor kulkas bisa bebas keluar. Hal ini akan mengurangi penggunaan tenaga berlebihan.

Berikut adalah tip untuk menyimpan makanan di dalam kulkas:

1. Letakkan telur di dalam karton aslinya (saat dibeli) untuk melindungi mereka dari kehilangan kelembaban secara perlahan dan mengidentifikasi tanggal kedaluwarsa. 2. Letakkan daging di dalam bagian yang lebih dingin (chiller), bukan di kompartemen utama. 3. Gunakan kompartemen produk susu untuk menyimpan mentega dan keju sehingga mereka berada pada temperatur yang mendekati ideal. 4. Keju lembut sebaiknya disimpan di kompartemen utama karena ia lebih dingin sehingga mencegah kontaminasi bakteri. 5. Gunakan es krim sebagai panduan untuk temperatur freezer Anda. Jika terlalu hangat suhunya, akan terbentuk kristal atau es krim akan berubah warna kekuningan. 6. Tetapkan suhu untuk freezer minus 18 derajat Celcius, kompartemen utama tiga derajat Celcius, chiller nol derajat Celcius dan tempat sayuran dengan suhu empat derajat Celcius.

SYDNEY MORNING HERALD I ARBA'IYAH SATRIANI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post